Kedutan Mata Kiri, Apa Artinya ?

Apa Anda pernah mengalami kedutan mata ? Ya, kondisi ini umumnya digambarkan dengan perasaan berdenyut atau bergetar di area kelopak mata, bawah mata, hingga alis.

Sensasi tersebut terjadi secara berulang dan tidak terkendali. Biasanya Anda hanya merasakan kedutan mata kiri atas pada satu waktu atau sebaliknya. Kondisi ini jarang terjadi pada kedua mata dalam waktu yang sama.

Dalam dunia medis, mata berkedut dikenal dengan istilah mytokymia. Sensasi berdenyut yang muncul disebabkan oleh saraf kelopak mata bagian atas atau bawah yang menegang dan kejang.

Kondisi ini biasanya tidak menimbulkan rasa sakit dan tidak berbahaya. Namun, bisa jadi sangat mengganggu jika kedutan yang dialami ternyata cukup kuat hingga menyebabkan kelopak mata sampai benar-benar menutup dan membuka kembali.

Penyebab pasti mata kedutan tidak diketahui secara pasti. Namun, ada alasan kenapa mata kedutan tidak selalu menandakan kondisi yang berbahaya. Pasalnya, ada berbagai kegiatan sehari-hari yang bisa disebut-sebut memicu kedutan, di antaranya:

1. Kelelahan dan kurang tidur

Setelah seharian menggunakan mata Anda untuk belajar dan bekerja, mata akan kelelahan. Itulah sebabnya, mata Anda membutuhkan istirahat, salah satunya dengan tidur. Jika Anda kurang tidur, ada beberapa gangguan pada mata yang bisa terjadi.

2. Konsumsi kafein

Kafein tidak hanya ada pada kopi. Banyak produk makanan dan minuman yang mengandung zat ini, sebut saja cokelat, teh, soda, dan minuman energi lainnya. Tujuannya, untuk membuat Anda jadi lebih waspada dan bertenaga.

Ketika kafein masuk ke tubuh, zat ini akan merangsang sistem saraf pusat, yaitu otak Anda. Anda mungkin menyadari salah satu efeknya, yaitu mengurangi rasa kantuk dan membuat Anda jadi lebih produktif.

3. Merokok dan minum alkohol

Seperti kafein, minuman alkohol dan asap rokok juga merangsang otot pada tubuh Anda menjadi tegang. Alkohol mengandung kafein dan asap rokok mengandung ribuan zat kimia yang masuk ke tubuh. Kemungkinan besar senyawa pada rokok dan alkohol bisa memicut terjadinya saraf kelopak mata menegang.

1,433 total views, 3 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.