5 Langkah Mudah Cara Membuat Blog

cara membuat blog
Cara Membuat Blog

Cara Membuat Blog – Hingga sampai saat ini blog masih menjadi primadona bagi para penggiat internet untuk menuangkan ide, karya dan informasinya ke dunia maya.

Berbeda dengan sekitar 5 tahun lalu, saat ini sudah banyak sekali berbagai macam platform blogger bermunculan dan menyediakan fasilitas yang sangat menarik.

Salah satu keuntungan bila anda menggeluti dunia blogging adalah anda bisa menghasilkan uang dari blog. Nah bagi para pemula tawaran ini cukup menarik, akan tetapi dari mana memulainya ?

Tidak hanya untuk internet marketer saja. Menguasai bagaimana cari membuat blog juga diperlukan jika anda menjadi seorang pebisnis atau pengusaha.

Anda dapat berhemat hingga jutaan rupiah jika anda menguasai bagaimana cara membuat blog sendiri. Dibandingkan bila anda menggunakan jasa pembuatan blog yang biayanya berkisar antara 3jt hingga belasan juta.

Ilmu ini tentunya memberikan keuntungan tersendiri, anda bebas untuk melakukan perubahan, modifikasi atau apapun sesuai dengan kebutuhan anda jika anda menguasai cara membuat blog.

Dalam artikel ini saya akan coba untuk memberikan paparan sedikit apa saja yang harus anda lakukan jika anda ingin menguasai secara praktis dan efesien cara membuat blog dengan mudah.

5 Langkah Membuat Blog Dengan Mudah

Saya sangat merekomendasikan bagi anda para pemula menggunakan platform wordpress sebagai paltform blognya. Hal ini dikarenakan wordpress memiliki berbagai macam fasilitas dan kemudahan.

Langkah apa yang harus dilakukan untuk memulai membuat blog berbasis wordpress. Untuk memudahkan pemahaman anda, saya membagi menjadi 5 langkah mudah dalam membuat blog, yaitu sebagai berikut

Baca Juga  17 Contoh Gambar Pemandangan Alam Beserta Tutorialnya

1.Menentukan Topik dan Tema dari Konten/Isi Blog

Saya menyarankan agar anda memilih topik atau tema sejeni yang anda sukai atau kuasai, agar blog anda memiliki pengunjung yang loyal nantinya.

Selain itu juga memudahkan anda dalam melakukan pengembangan konten dan menjadikan konten blog anda berkualitas.

2. Memilih Nama Domain Yang Tepat

Pilihlah nama domain yang mudah di ingat, tidak masalah nama domain anda panjang asalkan mudah di ingat.

Nama domain yang anda gunakan bisa mengandung nama anda sendiri ataupun nama yang berhubungan dengan topik atau tema dari blog anda.

3. Memilih Penyedia Layanan Hosting Terbaik

Ini merupakan hal yang paling penting. Bisa di ibaratkan peranan penyedia jasa hosting ini memiliki pengaruh lebih dari 50% dari kesuksesan blog anda nantinya.

Mungkin akan membuat bingung bagi anda dimana saat ini mungkin tersebar ribuan layanan penyedia hosting di dunia internet.

Lalu mana yang terbaik?

Berdasarkan pengalaman saya selama 7 tahun di dunia internet, saya merekomendasikan untuk menggunakan layanan hosting dari NIAGAHOSTER.

Beberapa alasan dan pertimbangan mengapa saya menggunakan NiagaHoster sebagai media hosting lebih dari 15 blog saya saat ini adalah :

  • Niagahoster memiliki berbagai macam layanan seperti Shared Hosting, Cloud Hosting ,VPS dan penyedia nama domain.
  • Feature & Tools Lengkap, layanan seperti Customer Service 24 Jam, fitur keamanan: Imunify360, fitur kecepatan: LiteSpeed & WordPress Accelerator, Data Center Tier 4 yang reliable merupakan alasan mengapa saya memilih Niaga Hoster.
  • Harga Hemat Kualitas Hebat, itulah yang terbesit dari layanan NiagaHoster, dengan harga mulai Rp.10.000 Per Bulan dan diskon hingga 75% untuk Paket Personal merupakan keunggulan yang tidak dimiliki penyedia hosting lainnya.
Baca Juga  Contoh Surat Dinas Perusahaan, dan Lembaga Pendidikan

4. Memahami Instalasi dan Panduan Dasar WordPress

Setelah anda memilih layanan hosting langkah selanjutnya adalah mulai untuk mempelajari bagaimana proses instalasi dan apa saja dasar dasar yang perlu diketahui seputar wordpress.

WordPress sendiri didesain sangat mudah untuk digunakan dan dipelajari bahkan bagi orang awam yang belum mengenal bagaimana cari membuat blog.

5. Mempelajari Cara Optimasi

Tidak hanya menguasai wordpress langkah selanjutnya adalah anda wajib menguasai bagaimana cara melakukan optimasi blog anda.

Apa tujuan dari optimasi ini? tujuannya adalah agar blog anda dikenal oleh banyak pengguna internet melalui mesin pencari seperti google, yahoo dan bing.

Penutup

Demikian Artikel Siket yang membahas tentang Tips dan Trik Cara Membuat Blog. Tidak hanya wordpress, banyak lagi platform lain yang juga bisa digunakan sebagai platform blogging. Dilain kesempatan saja akan jelaskan lebih rinci.

Semoga artikel ini dapat menjadi referensi bagi anda untuk memulai menjadi seorang blogger. Terima Kasih.