5 Rekomendasi Jasa Anti Rayap Terbaik

Jasa Anti Rayap – Rayap atau anai-anai sebagai hama khusus untuk kayu. Serangga ini hidup secara berkoloni, bersarang dan hidup dengan mengonsumsi kayu hingga memunculkan kerusakan dan rugi ekonomi.pembasmi rayap

Rekomendasi Jasa Pembasmi Rayap

pembasmi rayap

Mengenali Rayap

Spesies rayap nyaris sama dengan semut, hingga sering disebutkan dengan “semut putih”. Serangga ini mempunyai nama berbeda di tiap wilayah, misalkan anai-anai di wilayah Sumatera, rangas di wilayah Jawa tengah, rinyuh dan sumpiyung di wilayah Jawa Barat – pembasmi rayap.

Rayap sebagai serangga purba yang sudah ada semenjak 200 juta tahun dan masih hidup sampai sekarang ini. Walau dipandang seperti serangga penghancur dan kehadirannya selalu usaha untuk diberantas, rupanya serangga pemakan kayu ini mempunyai peran penting untuk lingkungan.pembasmi rayap

Kelas Rayap

Rayap ialah serangga sosial. Nyaris seperti semut dan lebah, koloni rayap mengaplikasikan pembagian kelas yeng mempunyai pekerjaan berbeda. Tetapi secara filogeni sesungguhnya tidak ada jalinan di antara semut dan rayap-pembasmi rayap.

steemit.com Koloni rayap terdiri dari 3 kelas khusus yakni, kelas karyawan, kelas prajurit dan kelas reproduktif. Berikut pekerjaan dari tiap-tiap kelas itu:

  1. Kelas Karyawan

Rayap kelas karyawan adalah rayap yang memiliki ukuran badan kecil dan mempunyai komunitas paling banyak dibanding kelas yang lain. Rayap karyawan bekerja untuk cari makan, memberikan makan rayap kelas lain, menjaga dan bersihkan telur rayap, bersihkan badan rayap kelas lain, dan membuat dan menjaga sarang.

Disamping itu, rayap karyawan mempunyai pekerjaan kanibalisme, yakni mengonsumsi rayap-rayap yang telah tak lagi produktif, baik sama-sama kelas karyawan dan kelas yang lain. Rayap dari kelas berikut sebagai pemicu kerusakan beberapa bahan kayu.

  1. Kelas Prajurit

Rayap dengan status kelas prajurit mempunyai ciri-ciri berbentuk ukuran kepala yang besar dan badan yang kekar. Pekerjaan rayap prajurit ialah membuat perlindungan koloni dari teror dan masalah di luar. Rayap kelas prajurit menantang lawan memakai capit atau mandibel dengan menyerang, mengurangi dan menjepitnya dengan benar-benar kuat.

  1. Kelas Reproduktif

Untuk selalu jaga komunitasnya, ada rayap yang cuman bekerja untuk bereproduksi. Pekerjaan rayap kelas reproduktif ialah mendapati tempat baru untuk koloni, bereproduksi dan memberikan makanan untuk spesies yang baru lahir.

Rayap reproduktif terbagi dalam raja dan ratu, di mana sisi abdomen (perut) rayap ratu semakin besar dibanding rayap raja. Pekerjaan pejantan atau raja ialah membuahi rayap betina agar berkembang biak dengan bertelur.

Baca Juga  5 Brand Handphone yang Terkenal Di Dunia

Kelas reproduktif terdiri jadi 2 jenis, yakni kelas reproduktif primer dan kelas reproduktif suplementer. Rayap reproduktif primer ialah rayap jantan dan betina yang integumern badannya tersklerotisasi, terpigmentasi dan berkembang dari spesies rayap bersayap atau lator (makroptera).

Sedang kelas reporduktif suplementer ialah rayap yang bakal jadi raja atau ratu baru untuk gantikan raja atau ratu yang mati dan berawal dari kelas karyawan.

Taksonomi Rayap

Penggolongan spesies rayap benar-benar susah dilaksanakan, karena bermacam macamnya mempunyai keserupaan yang tinggi dalam masing-masing kerabat.

Pixabay Sampai sekarang ini, dijumpai ada 2.500 spesies rayap di penjuru dunia yang dipisah jadi 6 kerabat, 15 subfamili dan 200 genus. Dari beberapa ribu tipe itu, cuman 120 spesies sebagai hama tumbuhan.

Ada banyak rayap epidemik yang cuman diketemukan di daerah Indonesia. Disamping itu, seputar 20 spesiesnya sebagai hama untuk kayu dan tumbuhan.

Tipe rayap yang biasanya memunculkan kerusakan berawal dari kelompok tanah kerabat rhinotermitidae, dari genus coptotermes dan schedorhinotermes dan sebagian dari anggota kerabat termitidae.

Habitat Rayap

Beberapa faktor seperti konsistensi temperatur sarang dan kesetimbangan kandungan air memengaruhi kehidupan rayap. Sarang rayap dibuat dari lumpur dan seperti labirin.

Terdapat beberapa lubang udara yang dibikin demikian rupa buat mengendalikan perputaran udara dalam sarang. Rayap sebagai serangga koloni yang tidak kuat pada sinar (terkecuali rayap bersayap / laron), hingga sarangnya ada di tempat gelap.

Tebaran Komunitas

Rayap mempunyai kekuatan penyesuaian yang baik sekali hingga menyebar secara luas dalam dunia, baik di daerah cuaca tropis dan subtropis. Di daerah tropis, rayap bisa diketemukan pada wilayah dengan ketinggian 0-300 mdpl (wisata bandung).

Karakter Rayap

Badan rayap warna keputih-putihan dan seperti terbuka atau bening dengan susunan tipis namanya epitikula. Susunan ini tersusun dari parafin yang ada dalam tubuh serangga lain. Susunan ini mempunyai peranan untuk menahan badan rayap kering, jaga kelembapan badan dan menghindarinya dari infeksi.

Rayap mempunyai anggota badan, yakni kepala, toraks (dada) dan abdomen (perut), tetapi sisi toraks dan abdomen rayap tidak mempunyai batasan yang pasti.

Kepala serangga rayap berupa bundar dan warna cukup kekuningan. Pada kepalanya ada antena, labrum, dan pronotum yang warna kuning pucat. Rayap mempunyai antena 15 fragmen dan mandibel yang berperan untuk menantang gempuran serangga lain.

Pixabay Spesies rayap biasanya takut pada sinar terkecuali rayap laron yang ketarik pada sinar. Laron mempunyai sepasang sayap sama ukuran sama dan saat diam sayap itu akan terlipat dan memanjang lempeng ke belakang.

Baca Juga  Tahapan Dalam Membuat Novel yang Baik Dan Benar

Berikut ialah beberapa karakter dan sikap serangga rayap:

  • Trophalaxis, yakni karakter bergabung dan sama-sama menjilat-jilati, mencium, menggosokannya badannya dan berganti makanan. Transisi makanan itu lewat proctodeal (lewat anus) dan stomadeal (lewat mulut).C
  • Cryptobiotic, yakni karakter mengindari dan menjauhi dari sinar.
  • Canibalism, yakni karakter mengonsumsi pribadi semacam yang kurang kuat atau sakit. Karakter ini keluar bila rayap dalam pada kondisi kekurangan makanan.
  • Necrophagy, yakni karakter mengonsumsi bangkai rayap lain.

Transisi Hidup

Menjadi rayap dewasa yang terdiri seperti kasta-kastanya, rayap akan lewat transisi perkembangan sebagai berikut ini:

  • Step Telur, telur rayap berupa silinder dengan panjang yang berbeda dan berusia seputar 8-11 hari untuk selanjutnya menetas.
  • Step Nimfa, sesudah telur menetas maka jadi nimfa. Nimfa muda akan alami penggantian kulit sampai 8 kali.
  • Rayap Dewasa, nimfa yang sudah alami penggantian kulit sekitar 8 kali bisa menjadi rayap dewasa sesuai kastanya, yakni kelas prajurit, karyawan dan jadi laron.

Makanan Rayap

Rayap sebagai serangga yang memerlukan selulosa untuk selalu bertahan hidup. Selulosa bisa didapat dari bermacam bahan, diantaranya ialah kayu.

Karena itu, serangga ini mempunyai faedah sebagai dekomposer atau pemecah dan berperanan dalam kesetimbangan ekosistem.

Rayap dan protozoa kelas flagelata mempunyai jalinan simbiosis yang sama-sama memberikan keuntungan. Rayap manfaatkan enzim selulase yang dibuat oleh protozoa untuk mengolah selulosa dari kayu. Sedang protoza mendapatkan makanan, pelindungan, dan rumah anaerob.

Pixabay Walau rayap disebut sebagai pemakan dan penghancur kayu, rupanya tidak seluruhnya kayu bisa terserang oleh serangga ini. Beberapa macam kayu mempunyai ketahanan dari gempuran rayap karena kandungan zat atau senyawa dalam kayu itu, contoh tipe kayu anti rayap diantaranya kayu jati, kayu ulin, kayu bangkirai, dan kayu hitam.

Kecuali tipe rayap pemakan kayu, ada juga rayap pemakan tanah di mana serangga ini membutuhkan mineral-mineral tanah untuk tetap bertahan hidup, diantaranya bahan organik dan silika.

Dalam cari sumber makanan, saat rayap kelas karyawan mendapati makanan karena itu mereka akan keluarkan tapak jejak berbentuk senyawa kimia atau feromon pertanda tapak jejak (trail following pheromone) dari dalam badannya. Selanjutnya rayap karyawan lain akan mengikuti tapak jejak itu untuk ke arah sumber makanan.Jasa Anti Rayap

Tipe-Jenis Rayap

Rayap dikelompokkan jadi beberapa macam berdasar letak sarang khusus, diantaranya:

  1. Rayap Kayu Lembab
Baca Juga  Gambar Pemandangan Alam

Rayap kayu lembab ialah tipe rayap yang tempati dan membuat sarang pada kayu-kayu mati yang lembab dan tidak bersinggungan dengan tanah. Diantaranya ialah dari genus glyptotermes, spesies rayap ini biasanya akan tempati kusen kayu dinding kamar mandi atau rumah yang mempunyai keadaan lembab dan memunculkan kerusakan.

  1. Rayap Kayu Kering

Rayap kayu kering ialah rayap yang membuat sarang pada kayu-kayu kering dan tidak lembab dan tidak bersinggungan dengan tanah. Rayap tipe ini tidak begitu membutuhkan air karena bisa hasilkan air sendiri dengan mengolah selulosa. Biasanya rayap ini serang meja, kuris, pintu dan lemari kayu dan hasilkan butir-butir ekskremen kecil warna coklat.

  1. Rayap Tanah

Rayap tanah sebagai tipe rayap yang bersarang dalam tanah yang kaya kandungan bahan organik, seperti serasah dan tanah humus. Rayap dari kerabat termitidae adalah rayap tanah yang bisa diketemukan di Indonesia. Salah satunya karakternya ialah mempunyai jalinan sosial yang tinggi dan hidup dalam koloni besar.

  1. Rayap Subteran

Rayap subteran adalah tipe rayap yang bersarang pada kayu yang sudah membusuk dan terkubur dalam tanah. Rayap subteran dapat diketemukan membuat sarang di tunggak-tunggak pohon yang sudah mati dan pohon hidup.

Rayap tipe ini mempunyai karakter yang sama dengan rayap tanah, perbedaannya pada tipe ini sanggup bersarang dalam kayu yang diserangnya walau tidak terkait dengan tanah asal. Salah satunya misalnya ialah spesies rayap dari kerabat rhinotermidae dari genus coptotermes.

  1. Rayap Pohon (Jasa Anti Rayap Terbaik)

Rayap pohon ialah rayap yang tinggal dan bersarang di beberapa pohon hidup dan tidak bersinggungan dengan tanah. Misalnya ialah Neotermes tectonae yang serang pohon jati.

5 Jasa Anti Rayap Terbaik

  1. Jasa Anti Rayap Rentokil

No Tlp : 150808
Alamat : Jl Letjen S. Parman Kav. N2 Jakarta Barat 11480

  1. Pembasmi Jasa Anti Rayap Suntikrayap

No Tlp : 0853 – 9823 – 2149
Alamat : –

  1. Jasa Anti Rayap Fumida

No Tlp : 0822-1123-1123
Alamat : Gedung Pembina Graha Blok 02, Ruang 228, Jl. DI Panjaitan No.45, Kel. Rawa Bunga Kec. Jatinegara, Jakarta Timur.

  1. Jasa Anti Rayap Termax

No Tlp : 0822 1030 5555
Alamat : Jalan Kebembem Raya no. 6 Lenteng Agung, Jagakarsa Jakarta Selatan 12620

  1. Jasa Anti Rayap Petrokil

No Tlp : 0821 36 888 555
Alamat : Permata Nusa Indah Blok.G1 No.25 Setusari, Cileungsi, Kab. Bogor, Jawa Barat