Peluang Bisnis

Analisa Peluang Bisnis Rumahan Usaha Jasa Desain Interior Rumah

Analisa Peluang Bisnis Rumahan Usaha Jasa Desain Interior Rumah – Pada kesempatan ini kita akan akan coba mengulas mengenai bisnis rumahan usaha jasa desain interior rumah dengan modal yang kecil. Bila kita mempunyai hobi mengotak atik ruangan yang ada di kamar, bisa jadi kita mempunyai bakat untuk menjadi seorang desain interior rumah. Menjadi desainer interior adalah sebuah pekerjaan yang menjanjikan. Apalagi kalau kita memang benar-benar hobi menata ruangan dan memadukan dengan barang-barang lain. Menjadi seorang desainer interior rumah akan menjadi pekerjaan yang menyenangkan.

Saat ini banyak usaha jasa desain interior rumah yang ada di kota-kota besar. Jasa yang mereka tawarkan pun terbilang cukup mahal. Dengan aktivitas yang sibuk di kota-kota besar, orang pasti ingin menjadikan rumah sebagai tempat istirahat yang paling nyaman. Disinilah peran seorang desainer interior rumah. Usaha jasa desain interior ini pun sebenarnya tidak terbatas pada desain interior rumah saja, tetapi bisa juga keahlian desain interior di aplikasikan untuk kantor atau tempat lainnya. Karena itulah, menjadi desainer interior bisa mendatangkan untung yang besar bagi kita bila dilakukan secara profesional. Berikut ini kami berikan gambaran lebih jauh mengenai Analisa Peluang Bisnis Rumahan Usaha Jasa Desain Interior Rumah.

Sebelum kita memulai usaha jasa desain interior rumah, ada ha-hal yang harus dipersiapkan sebelumnya. Diantaranya sebagai berikut :

  • Asah dan persiapkan kemampuan desain interior rumah kita dengan membaca berbagai buku referensi. Misalnya saja cara untuk memadukan konsep desain ruangan dengan warna dinding, jenis dan tata letak furniturnya, pencahayaan sampai warna gorden yang akan dipakai.
  • Persiapkan juga konsep presentasi bisnis atau kemampuan berkomunikasi dan bernegosiasi. Hal ini penting untuk meyakinkan klien nantinya.
  • Survey jaringan bisnis yang bisa diajak kerjasama, misalnya kerjasama dengan para perajin furniture, pembuat gorden dan lainnya. Minta mereka untuk merekomendasikan jasa desain interior rumah kita kepada para pelanggan mereka.
  • Persiapkan strategi bisnis yang akan digunakan untuk mengembangkan usaha.

Analisa Bauran Pemasaran (4p) Bisnis Rumahan Usaha Jasa Desain Interior Rumah

Analisa bauran pemasaran atau yang biasa disebut dengan 4P akan kita gunakan untuk melihat gambaran umum usaha jasa desain interior rumah ini. Mari kita bahas bersama-sama :

•    Product (produk)

Produk dalam usaha ini adalah produk jasa untuk desain interior sebuah rumah. Sebenarnya, kita bisa mejangkau desain interior selain rumah, misalnya kantor dan lain sebagainya. Akan tetapi untuk merintis usaha jasa desain interior lebih baik kita fokuskan untuk benar-benar menguasai desain interior untuk rumah dahulu. Dengan fokus pada salah satu bidang, kita bisa maksimal untuk berkreasi menghasilkan desain yang unik, menarik, bahkan mampu menciptakan tren dan ciri khas tersendiri di banding usaha jasa desain interior yang lain.

Baca Juga  5+ Contoh Proposal Bisnis Plan Untuk Bisnis Makanan

•    Place (lokasi)

Lokasi  yang dipakai untuk kantor jasa desain interior rumah juga harus benar-benar di desain dengan profesional. Kemampuan desain interior yang kita miliki harus dicerminkan pada desain interior kantor yang kita pakai. Dengan desain kantor yang unik dan menarik, calon pelanggan yang datang akan semakin percaya dengan kemapuan desain interior rumah yang kita miliki. Jangan asal-asalan dalam membuat desain kantor usahanya. Pilih lokasi yang strategis disekitar komplek perkantoran akan lebih baik. Namun apabila biaya sewanya terlalu mahal, kita bisa memakai ruangan yang ada di rumah kita sendiri kok. Tapi harus diperhatikan, desain ruangan dan rumah kita juga harus bagus apabila kantornya jadi satu dengan rumah kita. calon pelanggan cenderung akan melihat rumah kita untuk menilai keahlian desain interior rumah yang kita tawarkan.

•    Promotion (promosi)

Ada beberapa promosi yang bisa kita lakukan untuk mengenalkan usaha jasa desain interior rumah kita kepada target market kita. diantarnya sebagai berikut :

  • Membuat website atau situs yang profesional dengan menampilkan hasil desain-desain interior rumah yang telah kita lakukan. Dengan website tersebut kita bisa menuangkan ide konsep desain rumah yang bisa kerjakan untuk para klien nantinya. Jadikan website selain pusat informasi dan promosi, juga menjadi katalog dari jasa desain interior rumah kita.
  • Lakukan promosi di majalah-majalah yang berhubungan dengan desain interior rumah. Lebih bagus lagi bila usaha jasa desain interior rumah kita di ulas oleh majalah tersebut.
  • Apabila memungkinkan, buatlah buku mengenai desain-desain interior rumah yang unik dan menarik. Selain bisa dijadikan sebagai penghasilan sampingan, kita juga bisa menempatkan iklan usaha jasa desain interior rumah kita dengan gratis karena itu adalah buku karya kita sendiri. Sambil menyelam minum air hehe
  • Ajak kerjasama pihak-pihak yang berhubungan dengan desain interior rumah sebanyak-banyaknya. Bisa jadi pihak tersebut adalah kontraktor perumahan dan lain sebagainya.
Baca Juga  5 Peluang Bisnis Yang Cocok Untuk Para Pensiunan Yang Mudah Dijalankan

•    Price (harga)

Harga dari jasa desain interior rumah bisa kita mainkan sendiri apabila desain interior kita memang benar-benar unik dan menarik. Namun, kita juga perlu mengetahui harga desain interior rumah yang ada di pasaran. Harga yang kita tentukan sedikit banyak akan berpengaruh terhadap laba atau keuntungan yag akan kita dapatkan nantinya. Patoklah harga sesuai standar pasaran saat awal-awal merintis usaha jasa ini. bisa juga menawarkan harga promo untuk menarik minat calon pelanggan.

Sedangkan untuk membuka jasa desain interior rumah ini bisa dilakukan dengan modal yang kecil. Berikut ini adalah analisa modal usahanya :

1. Modal awal

– Peralatan

Laptop/PC khusus untuk mendesain              7.000.000

DP motor untuk menawarkan jasa desain       2.000.000

Jumlah                                                             9.000.000

Peralatan usaha jasa desain interior rumah akan mengalami penyusutan (depresiasi) selama 4 tahun dengan nilai residu (sisa) sebesar 1.000.000 dengan menggunakan penyusutan metode garis lurus. Jadi biaya penyusutan pertahun 9.000.000 – 1.00.000 dibagi dalam 4 tahun menjadi 2.000.000/ tahun atau sama dengan 166.666/ bulan.

– Perlengkapan

Referensi buku            300.000

Promosi                       400.000

Lain-lain                      100.000

Jumlah                         800.000

2. Perhitungan laba rugi dalam satu bulan

– Pendapatan

Fee jasa desain 2.000.000 x 2 klien                4.000.000

– Biaya-biaya

Biaya listrik                                                     150.000

Biaya telepon                                                  200.000

Biaya BBM transportasi                                 300.000

Biaya kredit motor                                          500.000

Biaya perlengkapan                                         800.000

Biaya penyusutuan peralatan                          166.666

Jumlah biaya                                                   2.116.666

Laba bersih                                                      1.883.334

Asumsi: perhitungan di atas diasumsikan menggunakan rumah sendiri untuk lokasi usaha jasa desain interior rumah sehingga tidak ada biaya sewa lokasi usaha. Apabila ada perubahan harga bahan baku atau yang lainnya, silahkan disesuaikan dengan kondisi yang terbaru. Harga jasa desain interior rumah juga disesuaikan kembali untuk pendapatkan laba yang diinginkan.

Analisa SWOT Bisnis Rumahan Usaha Jasa Desain Interior Rumah

Faktor Internal – Strenght (Kekuatan) & Weak (Kelemahan)

  • Spesialis desain interior rumah yang unik dan menarik
  • Bisa memenuhi keinginan pelanggan
  • Pelayanan yang ramah dan menyenangkan
  • Usaha yang belum dikenal
  • Terkadang susah untuk mencari bahan baku untuk desain interior sesuai yang di inginkan
  • Mood dalam melakukan desain interior yang naik turun
Baca Juga  Nonton Iklan Youtube Dibayar ,Gunakan 7 Aplikasi ini

Faktor Eksternal – Opportunity (Peluang) & Threat (Ancaman)

  • Permintaan jasa desain interior rumah yang banyak
  • Persaingan antar desainer interior rumah
  • Permintaan klien yang berbeda dengan konsep kita (berbenturan)

Strategi Bisnis Rumahan usaha Jasa Desain Interior Rumah Yang Bisa Dilakukan Berdasarkan Analisa SWOT

Berdasarkan analisa SWOT di atas, ada beberapa strategi bisnis yang bisa kita terapkan untuk mengembangkan usaha jasa desain interior ini. Diantaranya adalah sebagai berikut :

•    Buat positioning usaha kita sebagai ahli desain interior spesialis rumah. Dengan membuat spesialisasi seperti ini, akan membuat kesan bahwa kita memang benar-benar berkonsentrasi hanya untuk desain interior rumah saja. Tentu saja para pelanggan akan lebih percaya kepada desainer interior yang spesialis dari pada yang umum.

•    Buat promosi harga yang murah tapi dengan kualitas yang terbaik. Apabila klien kita puas dengan hasil desain interior kita (apalagi dengan harga yang murah), diharapkan dengan senang hati mereka akan mempromosikan usaha jasa desain interior rumah kita kepada teman-temannya. Selain itu, kita juga bisa meminta testimoni yang baik dari mereka yang bisa kita pakai untuk promosi selanjutnya.

•    Jadikan klien sebagai pusat informasi dari desain interior kita. Hal ini akan mengurangi ego kita dalam menentukan desain interior rumah nantinya. Jalankan setiap permintaan dari klien kita untuk mendapatkan kepuasan pelanggan.

•    Survey dan jalin kerja sama dengan penyedia-penyedia bahan baku untuk desain interior rumah kita. minimal kita harus tahu dimana lokasi untuk mencari bahan baku tersebut.

•    Layani setiap permintaan klien dengan ramah dan penuh kekeluargaan. Dengan menjalin kedekatan emosinal, kita jadi lebih tahu karakter dan harapan-harapan klien yang bisa diaplikasikan sebagai “kejutan kecil” dalam desain interior rumah yang kita bikin.

Peluang bisnis rumahan jasa desain interior rumah merupakan salah bisnis yang menjanjikan. Kuncinya adalah bagaimana mengaplikasikan sebuah harapan dan keinginan klien kita ke dalam desain interior rumah mereka. Semakin kita bisa memahami apa yang klien inginkan, semakin puas klien terhadap desain interior yang dihasilkan. Dengan begitu, bisnis jasa desain interior rumah kita dapat semakin dikenal dan semakin menguntungkan. Demikianlah Analisa Peluang Bisnis Rumahan Usaha Jasa Desain Interior Rumah kali ini, semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian. Salam sukses!