Cara Menggambar Pemandangan Alam Untuk Pemula

Cara Menggambar Pemandangan Alam Menggambar pemandangan sebenarnya merupakan salah satu kegiatan yang menyenangkan untuk dilakukan. Bahkan sejak kecil pun kita sudah terbiasa menggambar berbagai pemandangan yang ada di sekitar kita. Seperti pantai, gunung, rumah, pepohonan, atau bunga.

Namun, untuk bisa menggambar pemandangan yang bagus tentu saja diperlukan ketekunan. Karena, semakin sering berlatih, kemampuan menggambar seseorang tentu saja akan semakin meningkat.

Jadi, bagus atau tidaknya hasil gambar lebih disebabkan oleh kemampuan dan bukannya peralatan yang digunakan. Biasanya, saat masih berada di jenjang sekolah, tugas menggambar pemandangan sering sekali identic dengan gambar pegunungan.

Padahal, ada banyak gambar pemandangan lain yang bisa dicoba dan dieksplorasi. Berikut ini adalah beberapa cara menggambar pemandangan yang bisa Anda ikuti dan coba sendiri bahkan untuk pemula sekalipun.

Menyiapkan Alat dan Media Menggambar Pemandangan

Meskipun tidak selalu membutuhkan alat dan media menggambar yang mahal, menyiapkan alat dan media menggambar tetap menjadi sesuatu yang penting.

Anda perlu menentukan lebih dulu, alat dan media apa yang akan Anda gunakan. Tidak harus mahal, tapi pastikan Anda nyaman menggunakannya. Secara umum, alat dan media yang digunakan umumnya adalah pensil dan penghapus, spidol jika diperlukan, alat warna seperti pensil warna, crayon, cat air, atau cat lainnya.

Dan tentu saja kuas jika Anda memilih untuk menggunakan cat sebagai pewarna. Kemudian buku gambar ukuran yang Anda inginkan, dan alas menggambar seperti meja gambar. Alat dan media gambar tersebut adalah yang paling umum digunakan dan perlu dimiliki oleh pemula.

Selain alat dan media tersebut sebenarnya masih banyak alat dan media gambar lainnya yang bisa Anda coba. Akan tetapi, sebagai permulaan alat dan media gambar yang telah disebutkan saja pun sudah cukup.

Mencari Inspirasi Sebelum Menggambar

Setelah menyiapkan alat dan media gambar, tentu saja Anda harus tahu apa yang nantinya akan Anda gambar. Salah satu caranya adalah dengan mencari inspirasi.

Pada dasarnya, tahapan ini adalah tahapan yang paling penting dalam proses menggambar. Karena dari sinilah Anda bisa mengetahui bagaimana hasil akhir dari gambar yang Anda buat.

Kalau Anda masih belum menemukan ide atau inspirasi untuk menggambar, Anda bisa mencarinya terlebih dahulu. Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan inspirasi.

Misalnya dengan berjalan – jalan di luar terlebih dahulu, mengunjungi tempat menarik di sekitar tempat tinggal Anda, melihat pemandangan, mencari referensi, dan lain sebagainya.

Temukan sendiri cara mencari inspirasi yang paling sesuai dengan Anda.

Membuat Sketsa Dasar Menggambar Pemandangan

Setelah mengetahui dan mendapatkan inspirasi atas apa yang akan Anda gambar, selanjutnya Anda bisa mulai membuat sketsa dasar gambar Anda.

Sebaiknya, gunakan pensil terlebih dahulu untuk proses ini. Dengan begitu, jika terdapat kesalahan, Anda bisa langsung menghapusnya. Jangan lupa juga untuk membuat sketsa dasar menggunakan garis yang halus.

Hal ini dimaksudkan agar tidak mengganggu proses pewarnaan nantinya. Karena hanya berupa sketsa dasar, Anda cukup membuat gambar dasar objek secara umum.

Anda tidak perlu membuat detil gambar dan sebaiknya hindari membuat detil gambar pada tahap sketsa dasar. Karena fungsi dari sketsa dasar ini sebenarnya hanya untuk mengatur komposisi objek gambar secara umum.

Baca Juga  Gambar Pemandangan Alam

Memperjelas Bentuk Detail

Setelah sketsa dasar selesai dibuat, selanjutnya Anda perlu memperjelas bentuk detail masing – masing elemen dalam mengambar pemandangan.

Buat gambar objek sesuai dengan bentuk aslinya dan buat penegasan menggunakan pensil. Pada bagian ini, kemampuan menggambar memang sangat diperlukan untuk membuat gambar semakin mirip dengan aslinya.

Semakin sering Anda berlatih, maka akan semakin baik kemampuan Anda untuk menggambar pemandangan. Karena itu, Anda perlu meningkatkan intensitas Anda dalam berlatih menggambar agar kemampuan Anda semakin terasah. Selain melihat objek pemandangan secara langsung, Anda juga bisa berlatih meningkatkan kemampuan dengan melihat berbagai contoh gambar sketsa yang ada di internet.

Perhatikan bagaimana setiap gambar tersebut dibuat dan perhatikan juga setiap detail gambarnya. Pastikan Anda sudah puas dengan hasil gambar pada proses ini sebelum melanjutkan ke proses berikutnya.

Pada tahapan ini, Anda hanya fokus kepada pemberian detail setiap objek dalam gambar, dan bukan kepada proses pewarnaan.

Baca : 17 Contoh Gambar Pemandangan Alam Untuk Pemula

Mewarnai Hasil Gambar Pemandangan

Setelah seluruh gambar dipastikan selesai, Anda bisa melanjutkan proses menggambar dengan memberikan warna pada sketsa detail gambar.

Anda bisa mulai dengan memberikan warna dasar sesuai dengan warna asli pada pemandangan yang Anda lihat.

Pada dasarnya, pemilihan warna ini sangat subjektif dan sesuai dengan selera Anda. Anda dapat menggunakan alat warna apapun yang Anda suka dan telah Anda siapkan sebelumnya.

Setiap alat warna biasanya akan menghasilkan kesan yang berbeda – beda. Misalnya saja, pensil warna akan memberikan kesan yang halus dengan proses pewarnaan yang mudah.

Namun hasil warna biasanya masih kurang tegas. Sedangkan crayon bisa menjadi pilihan pewarna yang tepat dan mudah bagi pemula. Namun, dibutuhkan teknik mewarnai yang tepat agar hasilnya menjadi bagus dan hidup.

Sebagai finishing, jika Anda memilih crayon sebagai alat warna, Anda bisa mengerik bidang warna dengan batang kayu atau penggaris untuk hasil yang maksimal.

Dan kalau Anda sudah cukup mahir bermain warna, Anda bisa mencoba mewarnai dengan menggunakan cat air atau cat minyak untuk mendapatkan hasil yang lebih nyata dalam menggambar pemandangan.

Contoh Gambar Pemandangan Alam Yang Menarik

untuk lebih jelasnya, berikut beberapa contoh gambar-gambar pemandangan yang dapat kamu jadikan sebagai referensi dalam menggambar:

17 Contoh Gambar Pemandangan Alam

contoh gambar pemandangan alam

gambar diatas adalah salah satu contoh gambar pemandangan alam pedesaan saat matahari terbit.

Contoh Gambar Pemandangan Mudah dan Simple

gambar pemandangan alam

sumber: wallpaperkeren

gambar diatas merupakan salah satu contoh gambar pemandangan yang mudah dan simple. Objek yang ada pada gambar juga sangat minim, diantaranya 1 kapal, 1 pohon, 1 bunga beserta rerumputan, matahari, laut tak berombak, serta 1 pulau. karena objek yang sangat minim dan simple, gambar seperti ini mudah ditiru.

Contoh Gambar pemandangan gunung hitam putih

gambar pemandangan alam hitam putih

sesuai dengan namanya, gambar diatas adalah salah satu contoh gambar pemandangan hitam putih yang tidak memakai warna, sehingga hasil akhir gambarnya hanyalah hitam dan putih saja.

Baca Juga  7+ Contoh Dialog Interaktif Singkat & Panjang Beserta Kesimpulannya [Terbaru 2020]

Baca Juga Contoh Surat Lamaran Untuk Guru

Contoh Gambar Pemandangan Pantai

sumber: tekoneko

gambar diatas adalah salah satu contoh gambar pemandangan pantai, karena menggambarkan dengan jelas pemandangan pantai dengan menyertakan objek papan surf, pohon kelapa, laut, dan sebagainya di dalam gambar.

Contoh Gambar pemandangan untuk anak TK dan SD

Gambar pemandangan untuk anak TK dan SD sebaiknya gambar sederhana yang mudah diingat dan diberi warna oleh mereka. gambar diatas adalah salah satu gambar minimalis yang cocok untuk anak TK dan SD.

Baca :  Cara Menggambar Pemandangan Alam Yang Mudah

Contoh Lukisan Gambar pemandangan laut

Gambar diatas adalah salah satu contoh gambar pemandangan laut dengan menunjukkan lumba- lumba yang berlompatan.

Contoh Gambar pemandangan Anak SD

sumber: menggambar unik

Gambar diatas adalah salah satu contoh gambar pemandangan untuk anak SD. gambar yang diperuntukan untuk anak SD sebaiknya gambar yang simple namun distingtif agar mereka mudah untuk meniru dengan cara menggambarnya kembali diatas kertas gambar mereka.

Contoh Gambar mewarnai pemandangan bawah laut hitam putih

gambar diatas adalah salah satu contoh gambar pemandangan dasar laut yang menunjukkan beberapa hewan dan tumbuhan yang hidup di dasar laut.

Gambar pemandangan alam untuk anak sd

gambar diatas adalah salah satu contoh gambar yang dihasilkan oleh murid SD yang sederhana namun sangat distingtif penggambarannya bahwa gambar tersebut adalah pemandangan pedesaan yang dekat dengan gunung dan sawah.

Baca Juga : 8 Contoh Cerpen Singkat dan Panjang Serta Cara Penulisannya

Gambar pemandangan yang 2D (dua dimensi indah)

Gambar diatas adalah salah satu contoh pemandangan 2D yang indah. meski hanya digambar dengan 1 pensil saja namun gambar tersebut digambar dengan detail, rapih dan indah.

Gambar seperti ini biasanya dihasilkan oleh seniman yang telah berpengalaman dan memiliki jiwa seni tinggi, bahkan gambar seperti ini pun dapat dijual dengan harga mahal dengan atau tanpa membubuhkan warna pada gambar.

Contoh Gambar Pemandangan Alam Yang Mudah Ditiru

Maksud dari gambar pemandangan yang mudah ditiru adalah gambar yang berisi objek yang hanya sedikit, dan objek – objek gambar tersebut dibuat sesederhana mungkin agar mudah ditiru. gambar diatas adalah salah satunya gambar pemandangan alam yang mudah ditiru.

Di dalam gambar tersebut sang seniman hanya memberi gambar pohon dengan bentuk amat sederhana, tak hanya menyajikan gambar pohon yang sederhana, kupu – kupu, rumput, burung, awan, matahari, jalan setapak serta gunungnya pun digambar sesederhana mungkin.

Tonton Video Kumpulan Cara Menggambar Pemandangan dan Pohon Yang Keren

Contoh Gambar pemandangan sederhana

sumber: gambar mewarnai

maksud dari gambar pemandangan sederhana adalah gambar yang hanya memuat sedikit objek dan objek tersebut digambar sesederhana mungkin.

Di gambar tersebut sang seniman menggambar objek seminim mungkin namun cukup menggambarkan bahwa dia sedang menggambar salah satu sudut taman, objek yang digambar adalah pohon, bangku taman, jalan, rerumputan, dan jalan setapak. Biasanya gambar seperti ini hanya menunjukkan salah satu sudut pemandangan tertentu. gambar diatas adalah salah satu contohnya.

Baca Juga  11+ Contoh Resensi Buku Non Fiksi, Ilmu Pengetahuan, Fiksi, Pelajaran Terupdate

Gambar diatas dapat juga ditambah dengan warna yang cerah dan sesuai agar terlihat lebih menarik dan semakin mirip dengan pemandangan aslinya.

Contoh gambar pemandangan air terjun

Gambar diatas adalah salah satu gambar air terjun dan pemandangan sekitarnya termasuk pepohonan dan pegunung disekitar. Terlihat pada gambar tersebut visualisasi air terjun sangat nyata sekali dan memberikan nuansa khusus bagi yang memandang.

Contoh gambar pemandangan rumah pedesaan

sumber: sumbercenel

Gambar diatas adalah salah satu contoh gambar pemandangan rumah yang terletak di pedesaan. Gambar diperkuat dengan pemadangan disekitarnya yang sangat dekat dengan alam termasuk pepohonan dan pegunungan. Gambar diatas dapat dilengkapi dengan warna yang sesuai agar terlihat semakin menarik.

Contoh lukisan gambar pemandangan dengan crayon

gambar diatas adalah salah satu contoh gambar pemandangan dengan crayon. Gambar menunjukkan kehidupan bawah laut yang ditandai dengan adanya beberapa tumbuhan laut dan seekor binatang yang mengenakan atribut untuk menyelam.

Meski terkesan aneh karena adanya gambar hewan yang menggunakan baju selam, namun gambar ini cukup menggambarkan dengan jelas pemandangan bawah laut.

Contoh Gambar pemandangan sawah

Gambar diatas merupakan salah satu contoh pemandangan sawah yang sederhana. Gamabr pemandangan sawah diatas ditandai dengan adanya sawah, gunung, serta gubuk sawah, beberapa bebatuan dan sungai kecil untuk aliran sawah.

Contoh gambar pemandangan 3 dimensi

Gambar diatas adalah salah satu contoh gambar 3 dimensi yang indah. meskipun gambar tersebut disajikan di atas objek datar, namun pelukisnya berhasil membuat gambar itu hampir nampak nyata karena efek 3D yang dihasilkan.

Untuk menghasilkan gambar seperti ini, seniman atau pelukis membutuhkan alat dan metode khusus yang patut diterapkan.

Sehingga harga lukisan atau gambar yang menghasilkan efek 3D seperti diatas biasanya dibanderol dengan harga yang lebih mahal dibanding lukisan atau gambar 2D, dengan level kerumitan yang sesuai tentunya.

Contoh lukisan gambar pemandangan yang sudah diwarnai

Gambar diatas adalah salah satu gambar pemandangan yang nampak indah dan telah diwarnai menggunakan pensil warna. gambar tersebut mengabadikan pemandangan sungai dan alam disekitarnya seperti pepohonan, jembatan, hingga pegunungan.

itulah beberapa contoh gambar pemandangan berdasarkan objek pemandangan yang ingin diadadikan oleh seniman atau yang sedang belajar menggambar seperti para siswa TK maupun Sekolah Dasar, dengan berbagai alat dan teknik tersendiri. Semoga contoh gambar pemandangan yang kami kumpulkan diatas bermanfaat dan terus menginspirasi pembaca. Baca Juga Ebook Android Studio PDF

Contoh Sketsa Gambar Pemandangan Alam

Sketsa Gambar Pemandangan Alam

Video Cara Melukis Gambar Pemandangan Untuk Pemula

Untuk Anda yang ingin belajar cara menggambar pemandangan alam secara mudah bisa menyimak video tutorial berikut atau mengikuti caranya satu persatu di artikel berikut Tutorial Menggambar Pemandangan Untuk Pemula.

panduan video cara menggambar pemandangan ini dipandu oleh Kak Abel Nabiela. Abel Nabiela adalah salah satu pelukis remaja yang cukup populer saat ini, kalian juga bisa subcscribe youtub abel nabiela disini