contoh proposal bisnis plan
Peluang Bisnis

5+ Contoh Proposal Bisnis Plan Untuk Bisnis Makanan

Contoh Proposal Bisnis-Dalam mengajukan suatu ide bisnis kepada para calon investor, sahabat, ataupun kepada calon konsumen, kita harus membutuhkan satu buah rancangan usaha dengan cara yang tertulis.

Rancangan usaha yang satu ini biasa disebut-sebut sebagai sebuah proposal bisnis, bisnis plan, atau pun proposal usaha.

Apapun itu namanya, untuk penulisan proposal usaha harus dibekali dengan persiapan yang cukup matang.

Karena gambaran yang besar dari bisnis yang anda lakukan akan tercerminkan dalam satu buah proposal bisnis.

 Pada tulisan berikut ini, kami akan memberikan kepada Anda contoh proposal bisnis berikut dibawah ini.

Panduan Dasar Contoh Proposal Bisnis

Buatlah proposal seringkas mungkin. Dan asumsikan orang yang akan membacanya adalah orang yang sangat sibuk. Tentu dia tidak mau menyia-nyiakan waktu yang lama Cuma buat membaca proposal rencana bisnis yang tebalnya mencapai 100 halaman bukan.

Itulah sebabnya kenapa Anda harus membuat proposal yang cukup ringkas tapi padat dan tentu harus tetap informatif. Fokuskan kepada hal yang bisa membuat bisnis yang Anda lakukan itu berbeda.

Menuangkan suatu ide bisnis ke dalam sebuah tulisan tentu bukanlah hal yang gampang. Tidak sedikit pula sebuah proposal usaha gagal penyebabnya bukan karena tidak baik, tetapi karena tidak menarik.

contoh proposal bisnis
Bagaimana Membuat Contoh Proposal Bisnis?

Nah, alih-alih ingin membuat audience tetapi Anda bimbang dengan bahasa dan juga aspek teknis dari ide bisnis Anda, alangkah baiknya, Anda fokuskan saja pada keunggulan dan juga perbedaan pada bisnis tersebut.

Pahami juga big picture, kuasai detailnya. Yang harus Anda pahami dari bisnis plan ialah bahwa bisnis tersebut baru berbentuk rencana.

Dalam jangka waktu yang panjang, pasti proposal usaha Kalian butuh perbaikan yang berkelanjutan.

Anda hanya cukup memberikan sebuah aspek teknis yang krusial dan juga selalu memprioritaskan untuk pembaca agar dapat mengerti gambaran yang besar dari sebuah ide bisnis Anda tersebut. Lakukanlah sesuai kemampuan Anda.

Baca Juga  Peluang Bisnis Rumahan Usaha Aneka Coklat

Terkadang jika kita melihat karya proposal bisnis yang dibuat oleh mahasiswa ataupun para calon pengusaha muda, tak sedikit ide yang harus dituangkan mempunyai aroma futuristik yang cukup kuat.

Seakan membuat sebuah bisnis seperti sedang melakukan perancangan alat yang didesain khusus untuk masa depan. Padahal jika kita mengingat sebuah bisnis pada umumnya simpel saja, bagaimana cara cara mendapatkan uang bukan?

Tidak baik jika kita terlalu berkhayal jauh karena bisnis yang akan Kita ciptakan, mulailah dahulu dari kapasitas dan juga kapabilitas yang Anda mampu saat ini.

Dan Usahakan Anda sudah mempunyai MVP (minimum viable product). Ya, Anda harus sudah mempunyai produk yang dapat dijalankan sesuai dengan yang dicantumkan di dalam proposal.

Jika 10 tahun lalu Anda mengajukan proposal bisnis untuk sebatas ide kepada para investor, bisa dibilang sah-sah saja, tetapi jika Anda berharap hal itu berlaku di zaman ultracompetitive ini, hello?

Cantumkan saja apa yang mau kalian ajukan dari proposal tersebut. Tak sedikit presenter yang telah membuat proposal bisnis ini tidak menjelaskan maksud dari proposal tersebut.

Jika Anda akan membuat proposal untuk bisa mendapat investasi, jangan lupa untuk mencantumkan berapa total dana yang Anda butuhkan dan juga bagaimana cara penggunaannya contohnya seperti di bawah ini.

Baca Juga: Ide Bisnis Untuk Ibu Rumah Tangga

Contoh Proposal Bisnis Plan atau Rancangan Usaha

Seperti halnya ilmu bisnis dan juga sosial, cara membuat bisnis plan ataupun proposal bisnis bukan sesuatu hal yang sembarangan dan kaku. Anda harus banyak membaca dan juga memperbanyak pengalaman agar bisa membuat sebuah rancangan usaha yang cukup baik. Berikut di bawah ini ada beberapa contoh yang riil dari proposal bisnis dan dari bidang usaha yang berbeda.

1.Proposal Rencana Bisnis Ekspor (PDF)

Sebuah Proposal bisnis ekspor cocok buat perusahaan yang beroprasi di dalam bidang penjualan ekspor dan impor.

Baca Juga  Nonton Iklan Youtube Dibayar ,Gunakan 7 Aplikasi ini

2.Proposal Produk Usaha Kreatif (PDF)

Contoh yang lain dari sebuah proposal bisnis yang ramai untuk dijalankan saat ini yaitu sektor usaha kreatif atau Kerajinan Tangan. Pada sebuah proposal ini, sangat dibutuhkan riset pasar yang cukup baik dari mulai ukuran market, tren terbaru, kompetitor, dan juga rencana pemasaran. Hal yang satu ini karena usaha sektor kreatif umumnya melahirkan sebuah produk baru yang tentu belum banyak diketahui oleh sebagian besar masyarakat.

3.Proposal Rancangan Bisnis Properti

Contoh sebuah proposal buat developer properti. Pada bagian pertama biasanya membutuhkan penjelasan tambahan yang mengenai profil singkat pada perusahaan, legalitas pada perusahaan, dan juga pengalaman pengerjaan sebuah proyek yang telah dikerjakan.

Download 3 Contoh Proposal Bisnis

Diatas tadi sudah kami berikan  beberapa daftar contoh untuk sebuah rencana bisnis yang siap untuk direalisasikan. Isi dari proposal bisnis yang satu ini meliputi sebuah usaha properti atau Bisnis Plan Agrovillage, rencana sebuah bisnis ekspor atau Indochemical Agrotech, dan juga sebuah proposal usaha yang kreatif Bamboo Speaker. Anda bisa mengunduh semua file PDF yang ada diatas.

Contoh Isi dari Proposal Bisnis

Walaupun dalam sebuah pembuatan proposal bisnis ini sebenarnya dapat berbeda disesuaikan dengan beberapa informasi yang dibutuh untuk disuguhkan ke dalam proposal.

Contoh Proposal Bisnis Makanan

Melewati beberapa poin diatas, pengusaha harus menjelaskan terkait apa saja yang mereka butuhkan untuk bisa membantu mereka di dalam mendeskripsikan sebuah usaha yang ada di dalam proposal itu. Umunya, peluang dan juga deskripsi bisnis jadi pokok penting yang harus dijelaskan secara singkat dan tentunya jelas. Seperti contoh proposal usaha makanan dibawah ini.

Nama Perusahaan :

PT. Keripik Singkong

Tujuan dari Perusahaan:

Untuk memproduksi bahan makanan yang berbahan dasar dari singkong untuk masyarakat Indonesia yang bentuknya menarik dan juga membantu petani singkong untuk memproduksi singkong yang ada di Indonesia.

Latar belakang usaha

Baca Juga  5 Peluang Bisnis Yang Cocok Untuk Para Pensiunan Yang Mudah Dijalankan

-Singkong masih sangat jarang diminati oleh orang

-Singkong dapat menjadi bahan pembuatan camilan

Survey pasar

Masyarakat cukup menyukai singkong untu dijadikan sebagai bahan camilan yang dapat dimakan untuk siapa saja. Dari mulai kalangan bawah sampai ke atas, singkong bisa menjadi olahan camilan yang sangat disukai oleh sebagian orang terkhusus sebagai teman menonton televisi, dan Singkong juga menjadi bahan makanan kecil dan juga bisa menjadi bahan pengganti untuk makanan pokok.

Survey terhadap pasar

-Pengusaha sudah melakukan survey kepada kondisi pasar dan juga menemukan beberapa macam hal yang menarik contohnya seperti:

-Sebagian Masyarakat cenderung menyukai beberapa makanan instan

-Kebiasaan beberapa orang untuk makan di luar.

-Kandungan gizi yang ada dari singkong cukup baik

Peluang bisnis

-Rumus masalah

Harusnya mencari sebuah tempat untuk menyimpan stok singkong.

-Solusi masalah

Harus ada kerjasama dengan para petani singkong untuk dapat menyetor singkong.

Deskripsi Produk

Seorang Pengusaha harus menamakan produk yang dia buat menjadi CassavaSnack yang bakalan terbagi menjadi 2 jenis produk yaitu:

-Cassava Cake

Beberapa kue yang dibuat dari bahan utama singkong dapat menghadirkan beberapa pengalaman unik pada saat menikmatinya dan juga di campur dengan beberapa topping modern

-Cassava Chips

CassavaChips adalah keripik yang berbahan dasar dari singkong yang garing atau kriuk. Dengan pemilihan berbagai macam bumbu yang cukup pas, CassavaChips sangat cocok untuk dinikmati siapa saja karena harganya yang cukup terjangkau.

Keunikan

-Pengemasan bungkusan dalam konsep yang unik sehingga dapat menghadirkan kesan tersendiri bagi sebagian orang.

-Pemilihan beberapa topping baik itu untuk kue yang berbahan dasar singkong ataupun keripik yang berbahan dasar singkong yang bumbunya berbeda dari yang lain akan menjadi daya Tarik tersendiri bagi sebagian orang yang menikmatinya.

-Desain konsep eat-and-go, semua orang bisa membelinya langsung tanpa harus menikmatinya di tempat.

Demikian contoh dari sebuah Contoh proposal bisnis Plan. Selain mengandalkan sebuah proposal, kamu juga harus bisa memperhatikan sektor finansial dari usahamu.