Tutorial

5+ Contoh Surat Undangan Resmi Formal

Contoh Surat Undangan Resmi Formal-Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) surat resmi adalah surat untuk keperluan formal. Jadi, surat ini digunakan untuk kepentingan resmi.

Apakah perseorangan, instansi, maupun organisasi, misalnya undangan, surat edaran, surat pemberitahuan, dan sebagainya.

Jadi bisa kita ambil kesimpulan secara garis besar bahwasanya surat undangan resmi adalah surat yang dikeluarkan oleh berbagai instansi resmi yang ditujukan baik kepada perseorangan, kelompok, kalangan khusus, atau bahkan institusi resmi lain yang berisi segala macam bentuk kepentingan terkait.

Bagian Surat Resmi Undangan

Untuk membuat surat undangan resmi, ada beberapa tahapan yang diperlukan dan harus diperhatikan dalam pembuatannya. Berikut komponen penting untuk membuat surat undangan resmi secara baik dan benar:

1.Kop Surat

Setiap surat undangan resmi pasti memiliki kop surat khusus dan hal tersebut penting adanya guna menggambarkan instansi tertentu.

2.Tanggal Surat

Tulis juga tanggal penulisan surat sebagai acuan relevansi kepenulisan surat tersebut kepada pihak yang dituju.

3.Nama dan Pihak yang dituju

Hal tersebut perlu dicantumkan secara jelas sehingga surat yang ada dirasa relevan dan bertujuan kepada pihak yang utama guna menghindari kesalahpahaman pihak penerima.

4.Isi surat

Isi surat menggambarkan tujuan adanya surat tersebut disampaikan secara rinci dan jelas kepada bersangkutan guna menghadiri acara atau kepentingan yang akan digunakan.

Baca Juga  5+ Contoh Surat Lamaran Kerja Guru SD,TK dan PAUD Yang Benar

5.Waktu dan Tempat

Salah satu yang terpenting adalah mencantumkan waktu dan tempat pelaksanaan dalam isi surat, agar penerima surat undangan tidak kebingungan dan mengerti waktu dan tempat pelaksanaan acara (semisal undangan dalam bentuk penyelenggaraan acara).

6.Lampiran atau agenda

Beberapa surat resmi ada yang menggunakan, ada pula yang tidak mempergunakannya.

Agenda biasanya digunakan untuk memperjelas topik pelaksanaan acara yang akan diselenggarakan supaya penerima undangan bisa mempersiapkan atau pun mengetahui gambaran acara tersebut.

7.Stempel dan Tanda tangan

Stempel dan tanda tangan menjadi bukti bahwasanya undangan tersebut dikirim oleh pihak resmi yang bersangkutan sebagai penguat kebenaran surat undangan resmi.

5 Contoh Surat Undangan Resmi

Agar bisa membuat surat sesuai dengan kaidah penulisan Bahasa Indonesia, berikut ini adalah beberapa contoh surat undangan yang sering ditemui.

#1 Surat Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS)

Surat ini dipergunakan oleh para siswa guna mengundang beberapa tamu undangan atau berbagai acara seperti persahabatan antar sekolah dan lain sebagainya

Judul 5 Contoh Surat Resmi Undangan yang Baik dan Benar! 00 - Finansialku

#2 Surat Undangan Resmi Sekolah

Biasanya dipergunakan oleh pihak sekolah untuk mengundang wali murid atau undangan kepada pihak-pihak tertentu yang berkaitan dengan sekolah tersebut.

Judul 5 Contoh Surat Resmi Undangan yang Baik dan Benar! 02 - Finansialku

#3 Surat Undangan Resmi Desa

Surat ini dikeluarkan oleh pihak desa guna berbagai macam keperluan masyarakat desa pada umumnya.Judul 5 Contoh Surat Resmi Undangan yang Baik dan Benar! 03 - Finansialku

#4 Surat Undangan Resmi Organisasi Ekstra Kampus

Surat jenis ini biasanya dikeluarkan oleh para mahasiswa yang memiliki kegiatan acara di luar kampus pada acara tertentu, atau bisa juga surat keputusan mandat mahasiswa dan lain sebagainya.Judul 5 Contoh Surat Resmi Undangan yang Baik dan Benar! 04 - Finansialku

#5 Surat Undangan Resmi Perusahaan

Biasanya surat sejenis ini dikeluarkan oleh pihak perusahaan untuk kegunaan tertentu. Berikut contohnya:Judul 5 Contoh Surat Resmi Undangan yang Baik dan Benar! 05 - Finansialku

Pada dasarnya ada berbagai macam jenis surat undangan resmi yang beragam.

Baca Juga  5 Langkah Merawat dan Budidaya Ikan Cupang Hias

Namun pada pembahasan kali ini, kami tampilkan 5 contoh surat undangan resmi yang sering digunakan dalam khalayak umum dari sekolah sampai perusahaan, desa, dan mahasiswa. 

Baca Juga 7 Contoh Surat Undangan Rapat Yang Baik dan benar

Demikian beberapa contoh surat undangan resmi yang bisa dijadikan contoh atau pun pedoman guna menulis surat resmi kepada pihak lain. Dengan catatan perlu memperhatikan setidaknya tujuh poin diatas.

Follow blog evanzaka.com untuk mendapatkan berbagai macam informasi menarik serta tutorial seperti artikel berikut dibawah ini: