Hadits

Hadits Qudsi Ke 26- Ciri Ciri Kekasih Allah

HADITS QUDSI KE: 26
 
( TENTANG CIRI-CIRI WALI/KEKASIH ALLAH )
 

Dari Abu Umamah ra., dari Nabi saw., beliau bersabda: “Allah Azza Wa Jalla berfirman: ‘Sesungguhnya wali-wali (para kekasih)-Ku yang terbaik adalah seorang mukmin yang ringan (sederhana) kondisinya, punya bagian dari shalat, menyembah Tuhannya dengan baik, menaati-Nya sekalipun saat sepi (dalam keadaan sendiri), tidak dikenal banyak orang dan tidak ditunjuk dengan jari, rizkinya pas-pasan lalu ia bersabar atas hal itu.’ Setelah itu beliau saw.,  mengetuk-ngetukkan tangan beliau, kemudian beliau bersabda: “Kematiannya dipercepat, sedikit wanita yang menangisi dan sedikit harta warisannya.” ( HR. Tirmidzi, dan begitu juga Ahmad, Ibnu Majah dengan sanad hasan )

Kandungan Isi Hadits:

1.Ciri-ciri waliyullah (kekasih Allah) yang terbaik menurut Allah adalah orang mukmin yang sederhana, shalatnya bagus, beribadahnya tepat, taat di setiap keadaan, tidak terkenal, tidak bergelimang harta namun ia sabar dengan itu.

2. Ciri-ciri lainnya adalah kematiannya dipercepat atau tidak berumur terlalu panjang, tidak banyak wanita yang menangisi kepergiannya, dan tidak banyak harta warisannya.

3. Hadits ini merupakan penjelasan lanjutan dari hadits yang sebelumnya tentang keistimewaan kekasih Allah

4. Hadits ini mengisyaratkan bahwa untuk menjadi kekasih Allah tidak terlalu sulit, bisa diupayakan oleh siapapun yang menghendakinya.

5. Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu, termasuk dalam hal menentukan sesorang sebagai wali-Nya.

6. Hadits ini juga mengandung pengertian bahwa waliyullah tidak dapat ditentukan secara pasti, melainkan hanya diduga-duga melalui ciri-ciri zahirnya.

7. Waliyullah (kekasih Allah) selalu dirahasiakan untuk kebaikan dirinya dan orang lain yang menduga-duganya. Ada pendapat mengatakan bahwa tidak dapat mengetahui wali kecuali wali. Ada juga yang berpendapat bahwa waliyullah diketahui setelah kewafatannya. Allaahu A’lam.

Baca Juga  Kumpulan Hadits Yang Membahas ISBAL

Leave a Reply