Peluang Bisnis

Peluang Bisnis Rumahan Usaha Aneka Coklat

Peluang Bisnis Rumahan Usaha Aneka Coklat – Peluang bisnis rumahan usaha coklat bisa jadi usaha yang menjanjikan.  Siapa sih yang tidak tahu jenis makanan yang satu ini, kebanyakan orang pasti suka karena rasanya yang manis dan enak. Selain rasanya yang enak, coklat juga menjadi sebuah simbol untuk mengungkapkan rasa sayang terhadap seseorang. Coklat populer di kalangan anak muda sebagai salah satu makanan favorit.

Mengkonsumsi coklat juga mempunyai efek yang menenangkan bagi yang stress . Coklat cocok dikonsumsi dalam kondisi apapun. Konsumen coklat tidak memandang usia, usia anak-anak, remaja sampai orang tua pasti doyan. Coklat sebagai salah satu peluang bisnis yang tidak lekang oleh jaman. Selama manusia masih ada di dunia ini, bisnis coklat akan terus memiliki pelanggan. Berikut analisa bisnis dari Peluang Bisnis Rumahan Usaha Aneka Coklat :

  • Cari informasi mengenai tata cara membuat aneka coklat melalui berbagai sumber. Kita bisa mencari dari internet, buku atau belajar langsung di sebuah kelas membuat coklat. Mempelajari melalui buku dan internet membutuhkan trial and error, sedangkan melalui kursus membuat coklat, kita akan di bimbing secara langsung untuk membuat berbagai kreasi coklat. Kita juga bisa bertanya dengan bebas karena ada pembimbing. Kita memang harus mengeluarkan uang dulu untuk membayar biaya kursus, tapi bisa jadi uang yang kita keluarkan untuk trial and error tanpa kursus juga sama besarnya atau bahkan lebih.
  • Cari informasi mengenai ketersediaan bahan baku yang diperlukan untuk membuat coklat. Pilih beberapa alternatif toko yang memberikan harga paling baik.
  • Kita juga bisa melakukan survey kecil-kecilan ke toko coklat yang ada di kota kita, jenis coklat apa yang paling laris atau paling banyak dicari oleh pembeli. Buat daftarnya, lalu kita tinggal seleksi jenis coklat yang sesuai dengan keahlian kita.
  • Rencanakan untuk membuat kemasan coklat yang menarik sekaligus (kalau bisa) mampu menjaga coklat tetap awet dan tahan lama.
  • Rencanakan strategi bisnisnya, apakah akan di jual melalui offline atau online. Bisa juga dipasarkan melalui keduanya.
Baca Juga  5 Peluang Bisnis Yang Cocok Untuk Para Pensiunan Yang Mudah Dijalankan

Pembahasan Singkat Strategi Bisnis 4P Untuk Peluang Bisnis Rumahan Aneka Coklat

Strategi bisnis bauran pemasaran (4P) banyak digunakan untuk menganalisa sebuah usaha atau bisnis. Karena itu, mari kita coba untuk membahas strategi bisnis ini untuk usaha coklat yang akan kita bangun :

•    Product (produk)

Ada berbagai macam coklat yang bisa kita pilih untuk produk usaha kita. Coklat ada beberapa jenis, yaitu Couverture coklat, Compound Chocolate dan Coklat bubuk. Disini kita tidak akan membahas masing-masing jenis coklat tersebut (silahkan cari informasinya dari berbagai sumber), tapi kita harus memilih salah satu dari jenis coklat mana yang akan kita jual nantinya. Pilihlah jenis coklat sesuai dengan target market dan juga sesuai dengan keahlian kita.

•    Place (tempat)

Tempat berjualan coklat kita bisa memilih berbagai pilihan. Misalnya dengan rumah produksi berada di rumah kita sendiri, sedangkan tempat jualannya bisa dengan membuka etalase/toko di rumah kita sendiri apabila memungkinkan, menitipkan ke toko-toko makanan yang relevan dengan produk kita atau dengan menitipkan langsung ke pasar yang lebih besar seperti swalayan atau supermarket.

Ada tips apabila kita ingin menitipkan produk coklat kita ke supermarket atau pasar yang lebih luas, yaitu :

  • Hubungi salah satu lembaga yang menangani usaha dagang yaitu PDKM (Pusat Dagang Kecil dan Menengah), dan juga APRINDO. Kedua lembaga tersebut sering mempertemukan antara buyer dengan UKM, seperti mengadakan pameran berkala.
  • PDKM biasanya ada di daerah, sedangkan untuk tingkat provinsi ada di bawah departemen perdagangan.
  • Bila produk kita sudah bisa masuk ke pasar swalayan, selalu kontrol kualitas dari produk coklat kita karena pihak swalayan sangat ketat akan kualitas makanan yang mereka jual.
  • Perjanjian kerjasama dengan supermarket biasanya dengan sistem komisi bagi hasil. Pihak supermarket akan langsung memotong sekian persen dari keuntungan (sesuai kesepakatan) dari total penjualan produk coklat kita.

•    Promotion (promosi)

Beberapa promosi yang bisa kita lakukan dalam usaha coklat ini misalnya :

  • Cetak nama usaha atau merek dalam setiap kemasan coklat yang kita produksi. Cantumkan ijin dari lembaga penguji makanan jika ada di dalam kemasan kemasan coklat untuk meningkatkan kepercayaan pembeli.
  • Promosi secara online bisa kita lakukan melalui media sosial. Apabila ada dana, cobalah untuk melakukan promosi usaha coklat dengan iklan berbayar. Cantumkan akun-akun media sosial kita di dalam kemasan coklat.
  • Buatlah website untuk memasarkan dan memperkuat image produk coklat kita. Dengan mempunyai website, akan meningkatkan kesan pembeli menjadi lebih baik. Cantumkan juga alamat website disetiap promosi yang kita lakukan, ataupun di dalam kemasan produk.
  • Update terus berbagai event makanan untuk ikut berpartisipasi. Event-event makanan juga bisa kita pakai untuk mengembangkan bisnis kita dengan mencari agen pemasaran atau reseller.
Baca Juga  Nonton Iklan Youtube Dibayar ,Gunakan 7 Aplikasi ini

•    Price (harga)

Menentukan harga produk dari usaha coklat kita akan menentukan berapa jumlah laba yang akan kita peroleh nantinya. Berikut ini adalah gambaran modal usaha coklat dengan harga yang tidak terlalu mahal:

1. Modal awal

Peralatan Cetakan coklat        500.000

Panci                                       100.000

Kompor gas                             250.000

Tabung gas                              160.000

Jumlah ====================== 1.010.000

Asumsi penyusutan peralatan dalam 2 tahun dengan nilai residu (sisa) adalah 1.000.000, maka biaya penyusutan 1.010.000 – 1.000.000 dibagi dalam 2 tahun menjadi 252.250/tahun atau 21.021/bulan.

2. Perlengkapan

Kantong plastik                         70.000

Kemasan                                 125.000

Label                                       75.000

Alat tulis                                 30.000

Jumlah ====================== 300.000

3. Bahan baku

Bahan baku coklat (hitam dan putih)              1.000.000

Pewarna makanan rasa buah-buahan                   50.000

Jumlah ==================================  1.050.000

4. Perhitungan laba/rugi per bulan

Pendapatan (500 buah x 5.000) = 2.500.000

5. Biaya-biaya

Biaya bahan baku                                1.050.000

Biaya perlengkapan                                300.000

Biaya listrik, air dan telepon                  100.000

Biaya penyusutan peralatan                     21.021

Biaya lain-lain                                       100.000

Jumlah Biaya ======================= 1.571.021

Laba bersih ========================     928.979

Asumsi: tempat memakai aset pribadi (bisnis rumahan), sehingga tidak ada biaya sewa tempat. Apabila ada biaya sewa tempat atau perubahan harga yang lainnya, silahkan disesuaikan dalam perhitungan di atas kemudian harga coklat disesuaikan kembali supaya mendapatkan laba sesuai yang kita inginkan.

Analisa Swot Dalam Bisnis Rumahan Usaha Aneka Coklat

Faktor Internal – Strengths (Kekuatan) & Weaknesses (kelemahan)

  • Coklat dengan bentuk yang unit
  • Pelayanan yang ramah
  • Campuran coklat yang bervariasi
  • Usaha yang belum dikenal
  • Coklat yang mudah meleleh
  • Tidak tahan lama

Faktor Eksternal – Opportunity (peluang) & Threats (ancaman)

  • Coklat adalah makanan populer
  • Target pasar bisa semua umur
  • Perijinan produk yang lama
  • Kenaikan harga bahan baku
Baca Juga  6 Ide Bisnis Rumahan Modal Kecil Untuk Ibu Rumah Tangga Yang Mengguntungkan

Contoh strategi bisnis usaha aneka coklat yang bisa dilakukan dari hasil analisa analisa SWOT :

  • Selalu melakukan inovasi produk baik dari segi bentuk maupun warna untuk memberikan variasi kepada para pembeli. Minimal sebulan sekali, lakukan survey terhadap macam-macam bentuk coklat untuk ditawarkan kepada para calon pembeli.
  • Buatlah standart operational procedure (SOP) untuk standart pelayanan kepada para pembeli/agen/reseller. Pelayanan yang ramah membuat rekan bisnis dan pembeli akan menjadi nyaman.
  • Lakukan promosi rutin untuk mengenalkan usaha coklat kita melalui berbagai media baik offline maupun online. Selalu rutin untuk mengikuti pameran-pameran makanan diberbagai kota untuk meningkatkan penjualan dan pengembangan bisnis coklat kita.
  • Lengkapi segala bentuk perijinan untuk produk makanan untuk membuktikan bahwa produk kita aman untuk dikonsumsi. Perjinan yang komplit juga akan memudahkan coklat kita untuk dipasarkan ke swalayan dan supermarket. Bila kita dapat menggandeng retailer besar yang mempunyai jaringan luas di indonesia, sudah pasti produk kita akan dikenal luas dan permintaannya pun akan naik dengan sendirinya.
  • Selalu lakukan survey terhadap penyedia bahan baku coklat. Cari penyedia bahan baku langsung dari tangan pertama agar mendapatkan harga yang tidak terlalu mahal.

Usaha coklat dapat menjadi usaha dengan modal kecil yang menjanjikan. Pangsa pasar yang luas memberikan peluang untuk mengembangkan bisnis dalam skala yang lebih besar. Apabila dilakukan dengan serius, usaha aneka coklat mampu menjangkau target pasar bukan hanya di dalam negeri, tapi juga bisa sampai ke luar negeri dengan bantuan promosi media sosial atau internet yang tidak mengenal batas. Semoga artikel ini sedikit memberikan gambaran mengenai Peluang Bisnis Rumahan Usaha Aneka Coklat. Salam sukses!