Pentingkah Memiliki Asuransi Kesehatan? Cari Tahu Jawabannya!

asuransi kesehatan

Apakah Anda dan keluarga saat ini sudah memiliki asuransi kesehatan? Masih ragu untuk mendaftarkan diri dan keluarga ke perusahaan asuransi? Mari simak artikel ini untuk membahas semua hal tentang asuransi untuk kesehatan diri dan keluarga.

Manfaat dan Peranan Asuransi Kesehatan

Penggunaan asuransi jiwa dan kesehatan pada dasarnya ialah untuk melindungi diri serta keluarga dari risiko finansial akibat masalah kesehatan. Setiap orang akan mengalami masa dimana mereka sakit dan harus mendapatkan perawatan di rumah sakit.

Tentu, biaya yang dikeluarkan tidaklah sedikit dan bisa menguras habis tabungan yang dimiliki. Oleh karena itu, penggunaan asuransi sangat dibutuhkan untuk mencegah situasi seperti ini terjadi.

Selain mencegah risiko finansial, berikut ini ialah beberapa manfaat lainnya dari penggunaan asuransi.

  1. Mendapatkan Pelayanan dan Fasilitas Kesehatan Terbaik

Setiap orang tentu ingin mendapatkan pelayanan terbaik untuk diri dan keluarga, terutama masalah kesehatan. Untuk memastikan Anda dan keluarga mendapatkan fasilitas terbaik saat berobat di rumah sakit, gunakanlah asuransi yang terpercaya.

Tentunya, fasilitas dan layanan yang akan didapatkan bergantung pada produk asuransi dan premi yang dibayarkan. Oleh karena itu, sebelum memilih produk asuransi pelajari kebutuhan dan layanan yang ditawarkan.

  1. Mengatur Pengeluaran Bulanan

Anda merasa perlu disiplin lagi terkait penganggaran dan pengeluaran dana setiap bulannya? Memiliki asuransi membuat Anda harus disiplin dalam masalah finansial karena harus membayar premi asuransi kesehatan setiap bulannya.

Dengan kewajiban ini, setiap peserta asuransi harus mengatur pengeluaran setiap bulan tanpa mengganggu kebutuhan penting lainnya. Tentu, pengeluaran untuk pembayaran premi adalah hal yang penting dan bermanfaat pula.

  1. Investasi

Selain sebagai perlindungan akan risiko finansial dimasa depan, memiliki asuransi merupakan salah satu bentuk investasi. Saat Anda memutuskan untuk membeli produk asuransi, disaat itu pula Anda mulai menyimpan dana untuk investasi dimasa depan.

Baca Juga  Analisa Peluang Bisnis Rumahan Usaha Jasa Desain Interior Rumah

Sebagian besar perusahaan asuransi memiliki kebijakan pengembalian dana saat masa berlaku polis telah usai. Disini, Anda bisa menarik dana polis yang dimiliki dan digunakan untuk kebutuhan lainnya.

  1. Memberikan Ketenangan dan Lebih Efisien

Setiap orang tidak mengetahui apa yang akan terjadi dimasa depan. Tidak menutup kemungkinan Anda dan keluarga membutuhkan pengobatan mendadak. Jika memiliki asuransi, maka kejadian yang mendadak ini tidak akan membuat anda risau.

Tidak perlu mencari dana kesana kemari untuk menutup biaya pengobatan, Anda hanya perlu mengajukan klaim kartu asuransi. Tujuan asuransi kesehatan ialah untuk memberikan ketenangan bagi para pemegangnya dalam menerima perawatan kesehatan terbaik.

Bingung Memilih Jenis Asuransi Kesehatan? Berikut Penjelasannya

Terdapat beberapa jenis asuransi kesehatan yang harus diketahui sebelum memilih produk asuransi yang sesuai dengan kebutuhan.

  1. Jenis Asuransi Berdasarkan Perawatan

Berdasarkan perawatannya, asuransi kesehatan dibagi menjadi dua jenis sebagai berikut

  • Rawat Inap, perusahaan asuransi akan menanggung biaya rawat inap di rumah sakit, ketentuan pengajuan klaim sesuai peraturan masing masing perusahaan
  • Rawat jalan, perusahaan asuransi akan menanggung biaya pengobatan, biaya laboratorium dan diagnosis dokter.
  1. Jenis Asuransi Kesehatan Berdasarkan Metode Pembayaran

Terdapat dua jenis asuransi kesehatan yang memiliki perbedaan ketentuan pembayaran klaim

  • Cashless, peserta asuransi dapat langsung menunjukkan kartu asuransi untuk mendapatkan fasilitas kesehatan di rumah sakit.
  • Reimbursement, para peserta diharuskan terlebih dahulu menanggung biaya rumah sakit. Kemudian selanjutnya mengajukan klaim ke perusahaan asuransi untuk melakukan penggantian biaya
  1. Jenis Asuransi Berdasarkan Biaya yang Ditanggung

Perusahaan asuransi kesehatan akan menanggung biaya kesehatan tergantung jenis asuransi yang Anda pilih

  • Tanggungan Total, perusahaan asuransi akan menanggung seluruh biaya perawatan kesehatan. Mulai dari diagnosis dokter, obat obatan, rawat inap dan pelayanan lainnya
  • Tanggungan tertinggi, perusahaan asuransi hanya menanggung biaya perawatan kesehatan dengan nominal tertinggi. Misalkan biaya rawat inap akan ditanggung karena lebih mahal dibandingkan biaya obat obatan
  1. Jenis Asuransi Berdasarkan Pihak Tertanggung
Baca Juga  5+ Contoh Proposal Bisnis Plan Untuk Bisnis Makanan

Asuransi juga dapat dibedakan berdasarkan berapa banyak pihak yang ikut serta dalam program asuransi, berikut penjelasannya

  • Kelompok, asuransi kesehatan yang memberikan manfaat asuransi kepada kelompok seperti keluarga maupun karyawan perusahaan
  • Pribadi, manfaat asuransi hanya diberikan pada satu individu saja sesuai dengan premi dan polis yang disetujui
  1. Jenis Asuransi Berdasarkan Pengelola Dana

Berdasarkan pengelola dana asuransi, terdapat dua jenis asuransi yang harus Anda ketahui

  • Asuransi pemerintah, BPJS Kesehatan merupakan asuransi yang dikelola pemerintah dan menawarkan premi bulanan dengan biaya terjangkau
  • Asuransi swasta, saat ini banyak pihak swasta yang menyediakan asuransi dan menawarkan berbagai pilihan produk asuransi.

Daftar Money Changer Terpercaya di Indonesia

Memilih Asuransi Terbaik, Bagaimana Caranya?

Setelah mengetahui berbagai manfaat dan jenis asuransi yang ada, kini Anda semakin tertarik untuk memiliki asuransi? Saat ini terdapat banyak perusahaan yang menawarkan asuransi jiwa dan kesehatan. Anda harus menentukan jenis asuransi terbaik untuk mendapatkan manfaat asuransi secara optimal.

Ikuti tips memilih asuransi terbaik dibawah ini saat memilih asuransi kesehatan terbaik

  1. Sesuaikan Dengan Kebutuhan

Untuk menentukan produk asuransi terbaik, maka hal pertama yang harus diperhatikan ialah mengetahui kebutuhan. Apakah Anda ingin mendaftarkan asuransi untuk diri sendiri atau berbarengan dengan keluarga. Selanjutnya perlu dipahami pula riwayat kesehatan untuk menentukan produk asuransi.

Hal ini dilakukan agar manfaat asuransi bisa dinikmati secara maksimal dan Anda bisa mendapatkan pelayanan terbaik. Jika memang pekerjaan menuntut Anda harus bepergian ke luar negeri, maka pilihlah asuransi yang memiliki jaringan rumah sakit hingga luar negeri.

  1. Menentukan Anggaran Untuk Pembayaran Premi

Setiap bulannya, pemegang asuransi diwajibkan untuk membayar premi sesuai dengan perjanjian. Besaran premi tergantung dengan usia, riwayat kesehatan hingga periode waktu yang dipilih. Oleh karena itu, Anda perlu menyediakan dana tetap setiap bulannya untuk membayar premi asuransi.

Baca Juga  Nonton Iklan Youtube Dibayar ,Gunakan 7 Aplikasi ini

Idealnya, Anda bisa mengalokasikan 5% – 10% dari pendapatan bulanan untuk dialokasikan ke anggaran premi asuransi. Sehingga, meskipun biaya asuransi dibayarkan setiap bulan namun pos pengeluaran lainnya tidak akan terganggu.

  1. Pelajari Ketentuan dan Pasal Asuransi

Saat hendak daftar asuransi kesehatan penting bagi Anda untuk mempelajari lebih dalam tentang produk asuransi yang dipilih. Pelajari apa saja yang menjadi syarat dan ketentuan bagi para anggota sehingga Anda bisa mendapatkan manfaat asuransi yang optimal.

Pelajari pula pasal perkecualian yang terdapat pada polis asuransi, jangan sampai hal ini diabaikan dan membuat Anda tidak mendapatkan apapun. Terdapat aturan pada asuransi kesehatan yang membuat pemegang asuransi tidak bisa mendapatkan manfaat asuransi.

Contohnya ialah pasal pre existing condition yang mengatakan bahwa asuransi tidak berlaku untuk penyakit yang sudah diderita sebelumnya. Untuk kondisi ini biasanya ditentukan masa tunggu sehingga Anda bisa melakukan klaim asuransi untuk kondisi tersebut.

Peraturan yang ada pada setiap perusahaan asuransi berbeda ada yang bisa diajukan klaim setelah 1 tahun polis aktif bahkan hingga 2 tahun. Tetapi ada pula perusahaan yang tidak bisa menanggung klaim keadaan ini selamanya.

Itulah beragam informasi mengenai manfaat asuransi kesehatan hingga cara memilih produk asuransi terbaik. Sebelum memilih, pelajari kebutuhan Anda beserta dengan ketentuan yang diberikan oleh perusahaan asuransi sehingga Anda bisa mendapatkan manfaat optimal.

Health insurance document