8 Ponsel lipat terbaik yang memiliki desain unik

Untuk anda yang kangen dengan model ponsel lipat klasik, saat ini telah ada banyak pilihan yang bisa anda beli. Ponsel lipat terbaik saat ini tentu saja sudah mendukung aplikasi umum seperti Whatsapp untuk chat dan aplikasi berguna lainnya. Sehingga anda tidak perlu khawatir karena meskipun modelnya klasik namun aplikasi-aplikasi yang digunakan sudah modern.

Rekomendasi ponsel lipat berikut ini sangat cocok digunakan untuk anda yang sudah bosan dengan model smartphone saat ini dan ingin kembali bernostalgia ke model ponsel lama.

8 Ponsel lipat terbaik yang memiliki desain unik

1. Samsung Galaxy Fold

Ponsel lipat terbaik

Samsung Galaxy Fold merupakan ponsel lipat terbaik yang bisa anda beli karena bentuknya yang unik dan merupakan inovasi terbaru dari Samsung.

Ponsel Galaxy Fold ini memiliki layar pada kedua sisinya di bagian dalam maupun luar bodi, dan bisa dilipat sekaligus dengan layarnya.

Dalam keadaan dilipat, Samsung Galaxy Fold tampak seperti smartphone normal, namun setelah dibuka maka akan lebih terlihat seperti tablet karena layarnya yang besar. Samsung Galaxy Fold juga sangat praktis untuk dibawa bepergian karena dapat dengan mudah untuk dimasukkan ke saku celana anda.

Samsung memang bisa dibilang sangat hebat dalam melakukan inovasi karena ponsel ini mempunyai daya tarik sendiri yang tidak dimiliki oleh ponsel-ponsel lainnya.

Selain model lipatnya yang menarik dan unik, spesifikasi yang dimiliki juga lebih menarik lagi. Samsung Galaxy Fold telah menggunakan sistem operasi Android 9.0 dan bisa di upgrade kapan saja ke Android 10 versi terbaru saat ini.

Dapur pacu yang digunakan Galaxy Fold yaitu sudah mengandalkan chipset Snapdragon 855 yang bertenaga. Ditambah lagi tiga kamera belakang (16MP + 12MP + 12MP) dan kamera selfie (10MP + 8MP).

2. Samsung Galaxy Folder2

Ponsel lipat terbaik

Masih dari HP merk Samsung, kali ini bernama Galaxy Folder2. Ponsel lipat buatan Samsung ini benar-benar memiliki tampilan yang klasik namun sudah menggunakan OS Android. Anda tetap bisa menggunakan aplikasi-aplikasi yang berasal dari google store dengan lancar melalui ponsel lipat klasik ini.

Pada bagian belakangnya terdapat satu kamera utama 8 MP dan satu kamera selfie dibagian depan yang beresolusi 5 MP dengan hasil kualitas FullHD.

Ponsel lipat klasik terbaik ini memang lebih ditujukan untuk kelas entry level dan performa nya juga sudah cukup bisa diandalkan. Dengan kapasitas RAM 2 GB, memori internal 16 GB, serta dukungan slot microSD, HP ini dipastikan akan terbebas dari lag dan dapat berjalan dengan normal.

3. Samsung Galaxy Z Flip

Samsung Galaxy Z Flip Ponsel lipat terbaik

Diantara ponsel lipat yang telah kita bahas tadi, Galaxy Z Flip merupakan ponsel lipat keluaran terbaru dari Samsung di tahun 2020 ini.

Secara default, Samsung Galaxy Z Flip sudah menggunakan sistem operasi terbaru yaitu Android 10. Samsung juga membekalinya dengan chipset Qualcomm Snapdragon 855+, dengan kapasitas RAM 8GB, serta memori internal berkapasitas 256 GB. Dan yang lebih menarik lagi, sistem memori nya juga sudah menggunakan teknologi UFS 3.0, sehingga kecepatan transfer nya jauh lebih cepat dibandingkan ponsel yang masih UFS 2.1.

Samsung Galaxy Z Flip juga sangat cocok digunakan untuk kegiatan fotografi dan merekam. Ponsel lipat terbaik keluaran 2020 ini telah dibekali dua lensa kamera belakang yaitu 12 MP (wide) dan 12 MP (ultrawide).

Nah, untuk urusan foto selfie, Samsung juga telah memberinya satu lensa 10 MP yang juga mampu untuk digunakan merekam hingga kualitas resolusi 4K.

Ponsel Galaxy Z Flip memiliki layar lipat sentuh AMOLED 6,7 inci yang sudah mendukung fitur “Tampilan Selalu Aktif”.

4. Motorola Razr 2019

Motorola Razr 2019 Ponsel lipat terbaik

Meskipun namanya Motorola Razr 2019, namun ponsel lipat ini baru diluncurkan pada tahun 2020 bulan februari lalu. Motorola Razr 2019 memiliki bentuk bodi yang keren dan elegan. Smartphone lipat yang satu ini memang bukan termasuk kategori flagship karena lebih ditargetkan pada pasar menengah kebawah.

Motorola Razr 2019 memiliki layar lipat dengan rasio 21:9 yang terbilang lebar dan sangat cocok digunakan untuk menonton video.

Salah satu keunggulan ponsel lipat seperti Motorola Razr 2019 ini adalah fleksibilitas nya yang mudah untuk dimasukkan saku kantong celana anda. Hal ini tentu berbeda sekali dengan smartphone model monoton keluaran sekarang yang susah untuk dimasukkan kedalam saku celana, sehingga harus dipegang oleh tangan terus.

5. Huawei Mate Xs

Huawei Mate Xs

Sebelumnya Huawei telah meluncurkan ponsel lipat nya pada tahun 2019 lalu dengan nama Huawei Mate X. Namun pada tahun 2020 ini, Huawei kembali meluncurkan ponsel lipat terbarunya dengan nama Huawei Mate Xs.

Beberapa orang mungkin bingung karena penamaan yang sama dan ditambah desain dan spesifikasi nya juga sangat mirip. Huawei Mate Xs menggunakan layar lipat 8 inci OLED dengan kamera utamanya 40 MP yang juga sama persis seperti ponsel Mate X keluaran 2019.

Bedanya dapat anda lihat pada chipset yang digunakan, yaitu Huawei Mate X menggunakan Kirin 980, sedangkan Huawei Mate Xs menggunakan chipset Kirin 990 5G yang tentunya lebih baru lagi dan lebih kencang.

6. LG Folder 2

LG Folder 2 ponsel lipat terbaik

Seakan tak mau kalah bersaing, LG juga meluncurkan ponsel lipat terbaik nya di tahun 2020 ini. LG Folder 2 hadir dengan model khasnya yang sangat klasik. Model HP ini tentu sudah tidak asing lagi terutama bagi anda yang pernah mengalaminya di tahun 90an.

Dengan tujuan utama nostalgia, HP ini memang tidak dibekali dengan spesifikasi yang “Wah”. Namun spesifikasi yang diberikan masih layak untuk bisa digunakan di jaman yang lebih modern ini.

LG Folder 2 menggunakan layar IPS LCD 2,8 inci yang lengkap dengan tombol-tombol klasik nya seperti era ponsel 90an. Terdapat pula satu kamera belakang 2 MP yang bisa digunakan untuk mengambil foto kualitas seadanya.

7. Nokia 2720 Flip

Nokia 2720 Flip

Dulu Nokia memang gencar sekali dalam meluncurkan HP lipat maupun HP slider yang memiliki desain unik dan menarik. Jika anda ingin kembali nostalgia menggunakan HP lipat buatan Nokia, anda bisa gunakan Nokia 2720 Flip. Berbekal KaiOS , ponsel lipat ini sudah dilengkapi aplikasi modern seperti whatsapp dan facebook serta aplikasi penting lainnya.

Nokia 2720 Flip juga telah dibekali layar sebesar 2,8 inci dan satu layar tambahan berukuran 1,3 inci yang berguna untuk menampilkan jam digital.

HP lipat buatan Nokia ini menggunakan chipset Snapdrgaon 205 yang didukung RAM berkapasitas 512 MB serta memori internal 4 GB. Meskipun RAM yang diberikan termasuk kecil yaitu hanya 512 MB, namun dapat dipastikan sistem nya tetap dapat berjalan dengan lancar karena KaiOS terkenal hemat RAM.

8. Energizer Hardcase H242

Energizer Hardcase H242

Pilihan terakhir ada HP lipat murah merk Energizer Hardcase H242 yang sudah menggunakan layar warna TFT 2,4 inci. Ponsel buatan Energizer ini dibekali RAM 256 MB, memori internal 512 MB, serta dukungan slot memori eksternal untuk microSD yang support hingga 32 GB.

Ponsel lipat ini juga dilengkapi kamera VGA bagian depan 0,3 MP dan belakang 0,3 MP dengan hasil yang tentu ala kadarnya saja.

Tidak ada yang spesial dari spesifikasi yang diberikan karena Energizer Hardcase H242 memang diluncurkan sebagai ponsel murah untuk pasar low end.

Add a Comment