Review ponsel Sony NW-ZX507 untuk musik antusias

Kebanyakan smartphone di era Android dan iOS saat ini lebih mengutamakan kamera, serta kapasitas RAM yang besar sebagai daya tariknya.

Sedangkan untuk kualitas audio ponsel yang diberikan kebanyakan hanya ala kadarnya saja. Pada beberapa ponsel bahkan hanya dibekali aplikasi pemutar musik yang sangat standar. Tidak ada menu equalizer yang memadai, speaker yang mono, dan kualitas soundcard yang jelek.

Jika anda lebih mengincar fitur kamera atau kapasitas RAM yang besar untuk kelancaran main game, tentu hal ini bukan masalah yang besar. Namun untuk anda yang memiliki telinga sensitif dan sangat suka mendengarkan musik, tentu hal ini menjadi masalah besar.

Sony NW-ZX507 diciptakan khusus sebagai smartphone android yang fitur-fiturnya lebih fokus untuk menangani masalah musik kelas antusias.

Desain ponsel Sony NW-ZX507

Sony NW-ZX507 memiliki desain yang unik dan terlihat sangat elegan untuk ukuran sebuah smartphone. Material yang digunakan ponsel ini terbuat dari aluminium anodisa berkualitas tinggi. Ponsel ini memiliki ukuran panjang 122,6mm lebar 57,9mm dan tinggi 14,8mm yang pastinya sangat nyaman dan mudah di genggam satu tangan.

Pada bagian depan bodi ponsel Sony NW-ZX507 terdapat layar sentuh berukuran 3,6 inci yang memiliki resolusi 1280 x 720 piksel. Layarnya terlihat mengkilap dan sudah pasti sangat responsif ketika disentuh oleh jari-jari tangan anda.

Kehadiran ponsel Sony NW-ZX507 tentunya menjadi kabar baik bagi para pendengar musik antusias. Saat ini sudah jarang sekali ada smartphone yang mengutamakan kualitas musik.

Jika anda lihat pada bagian samping bodi ponsel maka akan terlihat banyak tombol yang digunakan untuk mendukung fitur musik. Hal ini tentu menjadi ciri khas dari Sony Walkman series karena smartphone lain saat ini tidak ada yang seperti ini.

Fungsi tombol-tombol itu antara lain untuk mengatur volume, play dan pause, next/prev untuk mengganti lagu dan tombol power. Ukuran masing-masing tombol nya bulat dan besar, sehingga akan memudahkan tangan anda untuk meraba tanpa melihat sama sekali. Anda bisa mengganti lagu, membesarkan dan mengecilkan volume dengan lebih praktis dan cepat.

Kualitas Komponen

Untuk menghasilkan suara yang berkualitas bagus, Sony membekali ponsel ini dengan menggunakan komponen kelas premium. Pada gambar anda bisa lihat sendiri kalau semua kapasitor yang digunakan sudah 100% solid dan pastinya akan lebih awet.

Sony NW-ZX507 menggunakan sistem pembagian blok Analog dan Digital yang dirancang khusus untuk mengurangi hambatan dan memfasilitasi arus listrik yang lebih efisien.

Ada dua jenis kapasitor yang digunakan ponsel musik ini yaitu FT CAP untuk output lubang 4.4mm dan POSCAP untuk output lubang 3.5mm yang terletak diatas bodi ponsel.

Kualitas Suara

Ponsel Sony NW-ZX507 merupakan digital audio player terbaik saat ini yang pernah dibuat oleh Sony. Menariknya lagi platform yang digunakan sudah Android 9.0 (Pie) serta dukungan Wifi yang memungkinkan anda untuk bisa mendengarkan musik melalui aplikasi pemutar pihak ketiga yang ada di google store.

Jika anda suka menggunakan aplikasi pemutar musik yang disediakan oleh pihak ketiga dari Android, maka smartphone NW-ZX507 merupakan pilihan yang tepat. Hal ini merupakan suatu keunggulan tersendiri mengingat seri-seri walkman series terdahulu belum berjalan menggunakan sistem operasi android.

Secara berkala Sony juga terus melakukan pembaruan firmware versi beta hingga versi stabil untuk meningkatkan kualitas audionya. Saat ini anda bisa menikmati aplikasi streaming musik dan pemutaran musik yang bisa menghasilkan resolusi 192kHz/32-bit.

Hampir tidak ada musik yang tidak bisa dimainkan dengan baik oleh ponsel Sony ini. Mulai dari lagu rock, jazz, klasik, pop, Reggae, hingga metal semuanya dapat dimainkan dengan sangat baik. Suara vokal dari penyanyi juga terdengar lebih jernih dan karakter suaranya terdengar lebih detail. Belum lagi hampir semua instrumen musik seperti drum, gitar, piano, biola, semuanya bisa terdengar sangat detail dan jernih.

Hal ini tentu berbeda sekali dengan ponsel kualitas audio yang asal bunyi. Bass nya memang bisa menghentak (pada earphone), namun suara vokal dan instrumen musik lainnya tercampur-campur tidak karuan.

Fitur Unik

Sony NW-ZX507 memiliki fitur unik yang menjadikan fitur ini sebagai ciri khas dari produk buatan Sony. Seperti kita ketahui bahwa perusahaan asal Jepang ini lahir dengan menciptakan Walkman pertamanya pada tahun 1979.

Saat itu produk walkman menjadi populer untuk mendengarkan musik yang menggunakan kaset pita bolak-balik. Di era digital sekarang ini, tentu kaset pita sudah tidak digunakan lagi sama sekali. Sebagai cara untuk mengingatkan peristiwa bersejarah itu, pada ponsel Sony NW-ZX507 diberikan fitur screensaver pita kaset.

Tampilan pita kaset dengan logo khasnya Sony akan muncul pada layar smartphone saat anda sedang memutar sebuah musik.

Spesifikasi

Seperti yang sudah disebutkan tadi bahwa smartphone Sony NW-ZX507 memiliki layar sentuh berukuran 3,6 inci dengan resolusi HD yang sangat responsif. Sistem operasi yang digunakan sudah Android versi 9.0 dan tentunya dapat kompatibel dengan banyak aplikasi umum seperti whatsapp, facebook, youtube dan lainnya.

Kapasitas memori internal yang diberikan hanya 64 GB, memang tidak terlalu besar tetapi juga tidak terlalu kecil. File-file MP3 atau FLAC bisa anda simpan sebagai koleksi favorit melalui memori bawaan ponsel ini.

Jika memori internal masih dirasa kurang, maka masih ada slot microSD sebagai memori eksternal yang mendukung hingga 2TB. Dengan kapasitas yang super besar yaitu 2TB tentunya sudah lebih dari cukup untuk menyimpan banyak album lagu-lagu favorit anda.

Smartphone NW-ZX507 juga sudah mendukung koneksi USB tipe C, yaitu sebuah konektor yang bisa dicolok secara bolak balik untuk keperluan transfer data ke komputer atau untuk keperluan mengecas.

Satu-satunya spesifikasi yang menjadi kekurangan pada ponsel Sony NW-ZX507 adalah tidak dibekalinya sama sekali fitur kamera. Hal ini tentu berbeda sekali dengan smartphone android pada umumnya yang memiliki setidak nya satu kamera untuk keperluan foto.

Pada ponsel Sony ini sama sekali tidak terdapat satu kamera pun baik dibagian belakang maupun dibagian depan untuk keperluan merekam video atau untuk foto selfie.

Anda harus sudah puas dengan fitur yang ditawarkan pada smartphone android buatan Sony ini karena tidak ada kamera sama sekali. Belum lagi harganya yang dipatok sangat mahal yaitu sekitar 800 USD atau sekitar dua belas jutaan rupiah (Kurs Rp 14500). Dengan harga segitu tentunya sudah bisa membeli ponsel flagship merk lain yang sudah satu paket dengan kamera resolusi tinggi.

Namun mengingat smartphone Sony ini memang sengaja dirancang untuk kebutuhan musik kelas antusias. Maka menjadi wajar-wajar saja jika Sony memberi harga tinggi pada ponsel musik androidnya. Ditambah lagi brand Sony yang sudah sangat terkenal selama berpuluh-puluh tahun dengan teknologi Audionya yang berkualitas tinggi. Sehingga pengguna setia nya akan rela untuk membeli ponsel musik Sony ini, karena tujuan utamanya memang menginginkan kualitas audio yang terbaik.

Add a Comment